Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Mgr. Valentinus Saeng CP, Uskup Baru Sanggau yang juga Penggemar Tim Balap Formula 1 Ferrari

Mgr. Valentinus Saeng CP di depan sebuah mobil balap Ferari. Dok. Valentinus Saeng

VATIKAN, Pena Katolik – Bapa Suci Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Mgr. Giulio Mencuccini, C.P sebagai Uskup Sanggau. Sebagai gantinya, Paus telah menunjuk Pater Valentinus Saeng, C.P sebagai Uskup Sanggau yang baru. Saat ini, Mgr. Valentinus menjabat sebagai Direktur Rumah Spiritualitas Pasionis di Malang, Jawa Timur.

Uskup Agung Valentinus Saeng, C.P., lahir pada 28 Oktober 1969 di Keramuk, Keuskupan Sanggau. Setamat SMP, ia masuk Seminari Menengah St. Gabriel Passionist di Sekadau, Kalimantan Barat. Selanjutnya, ia menjalani masa formasi dan masuk masa Novisiat Kongregasi Sengsara Yesus Kristus (Passionis/CP) pada tahun 1989. Ia lalu melanjutkan dengan belajar filosofis dan teologisnya di Sekolastikat Pasionis Malang. Ia mengucapkan kaul kekal dalam Kongregasi Pasionis pada 22 Agustus 1996. Ia lalu ditahbiskan menjadi imam pada 26 September 1998.

Selanjutnya ia memegang posisi sebagai berikut: Licentiate (1999-2001) dan Gelar dalam Filsafat (2005-2009) di Universitas Kepausan St. Thomas Aquinas – Angelicum di Roma; Pembina dan Pembina Pasionis dan Pemula (2001-2004) dan Dosen di SMA Widya Sasana Malang (2002-2004 dan lagi dari 2009); Anggota komisi pembentukan Pasionis di Indonesia (2009-2011); Unggul Passionist Studentate Malang (2009-2013); Penerjemah dokumen resmi Superior Mayor Passionist (2011-2012 dan dari 2019). Sejak tahun 2016 hingga sekarang menjabat sebagai Direktur Rumah Spiritualitas Passionist di Malang.

Sejak 2001, ia juga menjadi anggota komisi formasi di Kongregasi Pasionis di kawasan Asia-Pasifik. Ia juga guru besar tamu di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan Universitas Katolik St. Thomas Medan.

Mgr Valentinus Saeng CP saat berjumpa dengan Presiden SBY di Istana Merdeka Jakarta. Dok. Valentinus Saeng

Fans Ferari

Dari akun pribadinya di laman Facebook, Mgr. Valentinus juga diketahui sebagai penggemar tim balap Formula 1 Ferrari. Dalam sebuah unggahan, terlihat ia sedang berfoto di samping sebuah mobil balap berlogo kuda jingkrak itu.

Selain itu sebagai dosen, Mgr. Valentinus juga sangat produktif dalam menulis. Buku-buku terbitannya antara lain: Herbert Marcuse (Gramedia Pustaka Utama/2013) dan Kritik Ideologi: Menyibak Selubung Ideologi Kapitalis Dalam Imperium Iklan, (Kanisius/2011).

Sembilan Bahasa

Pengumuman terpilihnya Mgr. Valentinus disampaikan dalam Ibadat Sore dan Adorasi yang iadakan di Katedral Sanggau, Sabtu 18 Juni 2022. Mgr Mencuccini memimpin ibadat sore ini yang dihadiri para imam dan suster yang berkarya di Keuskupan Sanggau.

Dalam kotbah singkatnya, Uskup Mencuccini mengatakan, setiap pengikut Kristus harus menghasilkan buah melimpah. Buah-buah itu tampak dari kesetiaan mengikuti Yesus dan menerapkannya dalam hidup sehari-hari.

“Kalau hanya Yesus yang tinggal di dalam kita, sedangkan kita tidak mau tinggal di dalam Yesus, maka buah yang kita hasilkan hanya kelihatannya saja berbuah. Buah itu tidak bertahan lama,” kata Uskup Mencuccini. Pengumuman Uskup Sanggau yang baru dilakukan di akhir ibadat sore itu.

“Bapa Suci Fransiskus telah mengangkat Romo Valentinus Saeng, pasionis, seorang putra Kalimantan yang lahir dari daerah ini, sebagai Uskup Sanggau yang baru, dan penerus Anda. Berita ini dipublikasikan persisnya pada momen ini di Roma jam 12 dan di Sanggau jam 5 sore,” beitu Mgr. Mencuccini membacakan surat pengangkatan Mgr. Valentinus.

Mgr. Valentinus diketahui menguasai lima bahasa asing, yakni Inggris, Italia, Jerman, Perancis, dan Latin. Kemampuan bahasa ini ia dapatkan sepanjang masa studinya hingga meraih gelar Doktor dalam bidang filsafat dari Universitas Kepausan St. Thomas Aquinas – Angelicum di Roma, Italia.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini