26.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Vatikan akan Memberikan Menawarkan Indulgensi Bagi Mereka yang Mengunjungi Orang Tua pada Hari Lansia Sedunia

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus mengunjungi para imam sepuh di Biara San Gaetano Roma para 17 Juni 2016. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Idulgensi penuh akan diberikan bagi mereka yang mengunjungi orang tua pada Hari Lansia Sedunia ke-2. Vatikan mengumumkan indulgensi ini pada hari Senin 30 Mei 2022.

    Indulgensi ini tersedia bagi umat beriman yang mencurahkan waktu yang cukup untuk mengunjungi, di hadapan atau secara virtual, melalui media, saudara dan saudari lansia mereka pada tanggal 24 Juli 2022.

    Indulgensi juga dapat diperoleh oleh umat Katolik yang hadir pada peringatan Hari Lansia yang dipimpin Paus Fransiskus atau pada Misa Hari Lansia di seluruh dunia.

    Indulgensi — didefinisikan oleh Katekismus Gereja Katolik sebagai “pengampunan di hadapan Allah dari hukuman sementara karena dosa-dosa yang kesalahannya telah diampuni”. Indulgensi adalah anugerah pengapunan sebagaimana didapatkan dalam Sakramen Pengakuan Dosa, Perjamuan Kudus, dan doa sesuai dengan maksud Paus.

    Menurut Katekismus, indulgensi dapat berupa sebagian atau seluruhnya, tergantung pada apakah ia “menghapus sebagian atau seluruh hukuman sementara karena dosa.” Dekrit yang ditandatangani oleh Kardinal Mayor Mauro Piacenza mengatakan: “Indulgensi penuh juga dapat diberikan, asalkan mereka melepaskan diri dari dosa apa pun dan dengan maksud untuk memenuhi tiga syarat biasa, kepada orang tua yang sakit dan kepada semua orang yangtidak dapat meninggalkan rumah mereka karena alasan yang serius, akan bersatu secara rohani dengan kebaktian suci Hari Lansia Sedunia.

    Paus Fransiskus menetapkan peringatan Hari Lansia Sedunia pada Januari 2021. Hari itu jatuh setiap tahun pada hari Minggu keempat bulan Juli, dekat dengan Pesta St. Anne dan Joachim, kakek-nenek Yesus yang jatuh pada 26 Juli.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI