32.5 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Beatifikasi Dua Misionaris Pertama Vietnam

BERITA LAIN

More
    Mgr François Pallu MEP. IST

    VIETNAM, Pena Katolik – Para uskup Vietnam, dalam Sidang Paripurna mereka baru-baru ini di Thai Binh, menyatakan keinginan untuk membuka proses beatifikasi bagi dua uskup, Mgr. François Pallu MEP (1626-1684) dan Mgr. Pierre Lambert de La Motte MEP (1624-1679). Keduanya merupakan misionaris pertama yang dikirim ke Timur Jauh, khususnya di Keuskupan Dang Trong dan Dang Ngoai.

    Dua uskup misionaris ini membuka jalan bagi evangelisasi dan pertumbuhan Gereja-Gereja di Asia Timur. Pertemuan di Thai Binh dihadiri oleh semua uskup dari 27 keuskupan Vietnam, serta Uskup Agung Marek Zalewski, Nuncio Apostolik di Singapura dan perwakilan kepausan non-residen di Vietnam, dan delegasi Vatikan yang dipimpin oleh Mgr. Miroslaw Stanislaw Wachowski, Wakil Sekretaris Vatikan untuk Hubungan dengan Amerika.

    Di akhir pertemuan, pada pagi hari tanggal 29 April, para Uskup merayakan Misa untuk memperingati 85 tahun Keuskupan Thai Binh dan peresmian Seminari “Hati Kudus” di Thai Binh. Perayaan itu seharusnya berlangsung pada Maret 2021, tanggal saat pendirian keuskupan, tetapi ditunda karena pandemi.

    Mgr Pierre Lambert de La Motte MEP. IST

    Presiden Konferensi Waligereja Vietnam, Mgr Joseph Nguyen Chi Linh, mengatakan dalam homilinya, perkembangan Keuskupan Thai Binh telah ditandai dengan tantangan dan kesulitan. Namun, seiring berjalannya waktu, para imam yang luar biasa telah dikirim ke Keuskupan Thai Binh, dan dalam pemeliharaan Tuhan telah membantu mengatasi semua hambatan ini.

    Uskup Thai Binh, Mgr. Peter Nguyen Van De telah mengabdikan tubuh dan jiwanya untuk keuskupan, seperti yang ditunjukkan oleh moto episkopalnya “Beri aku jiwa”, selalu mempromosikan pembangunan infrastruktur yang diperlukan yang digunakan untuk kehidupan pastoral.

    “Pada peringatan 85 tahun berdirinya keuskupan, kita mengingat perjalanan yang diberkati dengan 31 martir, sembilan belas di antaranya adalah orang percaya lokal dan dua belas misionaris lainnya dikirim ke keuskupan”.

    Rektor Seminari Hati Kudus, Pater Dominic Dang Van Cau, kemudian mengucapkan terima kasih kepada umat keuskupan, yang telah berkontribusi dalam pembangunan seminari dengan pekerjaan sehari-hari mereka, juga dengan dukungan non-Kristen. Menurutnya, orang-orang termiskin telah melakukan bagian mereka untuk menciptakan struktur yang sesuai untuk studi dan akomodasi para seminaris.

    “Akta ini berharga, seperti uang yang diberikan dalam Injil Lukas (Luk 21: 1-4), kepada siapa Yesus berkata: Aku berkata kepadamu dengan sungguh-sungguh, janda miskin ini memberi lebih dari semua yang lain,” ujar Pater Dominic.

    Keuskupan Thai Binh didirikan pada 9 Maret 1936 oleh Paus Pius XI dan mencakup dua provinsi administratif Thai Binh dan Hung Yen di Vietnam utara. Saat ini, sebanyak 132 imam yang memberikan pelayanan pastoral kepada 135 ribu umat Katolik di wilayah ini. Umat Katolik adalah bagian dari populasi sebesar 2,9 juta (4,6% dari populasi) di wilayah itu. (Agenzia Fides, 3 Mei 2022)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI