Urbi et Orbi Paskah: Semoga Kita Dimenangkan oleh Damai Kristus

0
704
Paus Fransiskus dalam Misa Paskah di Lapangan St Petrus 17 April 2022. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik – Dalam pesan Paskah “Kepada Gereja dan Dunia” (Urbi et Orbi), Paus Fransiskus menjelaskan bahwa Yesus, Yang Tersalib, telah bangkit. Ia mengingat para korban perang, semua yang menderita di seluruh dunia, dan memohon dengan sungguh-sungguh agar damai Kristus dapat memasuki kehidupan kita, rumah kita, dan negara kita.

Paus Fransiskus memimpin perayaan Paskah di bawah sinar matahari dan Lapangan Santo Petrus yang dipenuhi bunga, penuh sesak dengan peziarah dengan cara yang tidak terlihat sejak sebelum pandemi. Tampilan cemerlang dari empat puluh ribu bunga dan tanaman mengubah Lapangan Santo Petrus menjadi taman, berkat hadiah tahunan dari toko bunga dari Belanda.

Setelah liturgi Malam Paskah di Basilika Santo Petrus pada hari Sabtu, Paus memimpin Misa Hari Paskah dengan sekitar 100.000 peziarah di Lapangan pada pagi musim semi yang sejuk. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Paus tidak menyampaikan homili, tetapi berbicara pada pukul 12 siang ketika ia menyampaikan pesan Paskah tradisional diikuti dengan berkatnya “Urbi et Orbi” (untuk kota dan dunia) dari loggia pusat St. Peter’s Basilika

Kristus Bangkit

Mengucapkan Selamat Paskah kepada semua yang hadir dan berpartisipasi di seluruh dunia melalui web, televisi dan radio, Paus mengumumkan pesan Paskah yang menggembirakan bahwa, “Yesus, Yang Tersalib, telah bangkit!” Yesus – hidup dan bukan hantu – berdiri di antara murid-murid-Nya yang menyaksikan dengan mata tidak percaya salam-Nya, “Damai sejahtera bagimu!”

“Semoga hati kita benar-benar terbuka saat kita menyambut pesan Paskah. Damai sejahtera bagimu!” ​​Paus menggarisbawahi, terutama di saat-saat di mana kita menyaksikan yang sebaliknya, Paskah yang ditandai dengan perang di mana begitu banyak orang telah meninggal dan kekerasan terus berlanjut.

Seperti yang kita ingat semua saudara dan saudari kita yang harus mencari perlindungan dari bom, kenyataan tragis ini dapat membuat sulit untuk benar-benar percaya Yesus benar-benar bangkit, bahwa hidup mengalahkan kematian.

“Hari ini, lebih dari sebelumnya, kita mendengar gema proklamasi Paskah yang begitu disayangi umat Kristen Timur: “Kristus telah bangkit! Dia benar-benar bangkit!” Hari ini, lebih dari sebelumnya, kita membutuhkan dia, di akhir masa Prapaskah yang sepertinya tidak ada habisnya.”

Sementara ada harapan bahwa semangat solidaritas baru berakar setelah pandemi, katanya, sebaliknya, kita melihat lagi bagaimana “semangat Kain”, yang melihat saudaranya Habel sebagai saingan yang harus dihilangkan, masih bekerja di dalam diri kita sebagai disaksikan dalam perang dan kekerasan yang mengerikan hari ini.

Tuhan membawa kedamaian

Hanya Tuhan yang dapat memberi kita kedamaian sejati, kata Paus, Yesus yang menanggung luka-luka kita yang kita timbulkan pada-Nya oleh dosa-dosa kita, kekerasan hati dan kebencian persaudaraan. Dia juga menanggungnya demi kita, dan memanifestasikannya kepada murid-murid-Nya ketika Dia menampakkan diri kepada mereka, sebagai “meterai kasih-Nya yang tak terhapuskan bagi kita, tindakan syafaat abadi, sehingga Bapa surgawi, dalam melihat mereka, akan berbelas kasih kepada kita. kita dan di seluruh dunia.”

“Saat kita merenungkan luka-luka mulia itu, mata kita yang tidak percaya terbuka lebar; hati kita yang mengeras terbuka dan kita menyambut pesan Paskah.”

Doa untuk Ukraina

Paus mengatakan dia menyimpan di dalam hatinya para korban, jutaan pengungsi, anak-anak yatim piatu, dan orang tua yang ditinggalkan untuk diri mereka sendiri. Kita mendengar terutama tangisan anak-anak, katanya, bersama dengan penderitaan anak-anak di seluruh dunia yang menjadi korban kekerasan, hak untuk dilahirkan, kelaparan atau kekurangan perawatan medis.

Paus mengimbau para pemimpin untuk mendengar tangisan penderitaan mereka dan membuat keputusan yang mendukung perdamaian.

“Semoga para pemimpin negara mendengar permintaan rakyat untuk perdamaian. Semoga mereka mendengarkan pertanyaan meresahkan yang diajukan oleh para ilmuwan hampir tujuh puluh tahun yang lalu

Paus memberikan penghormatan kepada semua orang yang telah membuka pintu mereka untuk menyambut para migran dan pengungsi melalui Eropa, menyebut tindakan amal ini sebagai tanda harapan dan berkah bagi masyarakat yang dapat membantu mengatasi keegoisan dan individualisme.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here