Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Seminari Kyiv Dijarah Menyusul Mundurnya Pasukan Rusia

Kehancuran terjadi akibat serangan Rusia di Ukraina. Vatican News

KYIV, Pena Katolik – Sebuah serangan menimpa Seminari Katolik di Vorzel, Ukraina. Serangan ini telah menyebabkan penjarahan dan kerusakan. Penjarahan terjadi setelah seminari dibom dua kali. Seperti yang ditunjukkan rektor, tempat itu dijarah oleh tentara Rusia tetapi juga oleh orang-orang kelaparan dari lingkungan sekitar.

“Militer Rusia melakukan ini, tetapi juga beberapa orang lokal yang putus asa, lapar … karena semuanya ditutup di sini, jadi mereka datang untuk mengambil makanan … Setidaknya mereka bisa memberi makan diri mereka sendiri,” kata Pastor Ruslan Mykhalkiv, rektor seminari teologi Katolik Vorzel.

Berita penggerebekan itu beredar berkat posting Facebook oleh uskup keuskupan Katolik Latin Kyiv, Uskup Vitalii Kryvytsky, yang juga memposting beberapa foto. Salah satunya menunjukkan patung Madonna yang dipenggal. Kelihatannya seperti tindakan penodaan, tetapi pada kenyataannya, itu adalah efek lain dari kehancuran yang melanda Ukraina sejak 24 Februari.

Penerbangan dan pengeboman

Sehari setelah serangan Rusia, rektor melarikan diri bersama para seminaris dan penghuni panti asuhan terdekat: dua biarawati dan lima anak. “Kami telah bersiap selama berhari-hari, menyadari bahwa sesuatu mungkin terjadi, seperti yang terjadi”. Daerah itu diduduki oleh tentara dan kelompok itu berlindung di suatu tempat beberapa kilometer jauhnya, di jalan dari Kyiv ke Bucha, sayangnya sekarang dikenal karena kekejaman yang digambarkan oleh Paus sebagai “pembantaian” warga sipil.

Tak lama kemudian Pastor Igor juga meninggalkan seminari ketika serangan ‘senjata berat’ lainnya menghantam fasilitas tersebut, menciptakan kekacauan di dalam dan di luar. Tentara Rusia telah memblokir pintu masuk ke daerah itu, “jelas Pastor Ruslan dengan mengatakan “Kami baru dapat kembali Kamis lalu dan kami segera menemukan bahwa pintu utama telah dibuka”.

Meskipun bangunan itu kekurangan air, listrik dan gas, rektor dan pendeta lain setuju untuk kembali untuk memperbaiki keadaan.”Ketika kami kembali, kami menemukan semuanya terbuka lebar lagi, dan di dalam, kami menyadari bahwa bukan hanya pengeboman yang terjadi”.

Kardinal Tagle

Beberapa hari sebelumnya, Kantor Caritas Ukraina juga tak luput dari serangan. Presiden Caritas Internationalis, Kardinal Antonio Tagle, mengecam kekerasan dan mengungkapkan kesedihan atas kematian dua pekerja Caritas Ukraina dan lima keluarga anggota mereka dalam serangan terhadap kantor Caritas di kota Mariupol, Ukraina yang terkepung.

“Berita dramatis ini membuat keluarga Caritas ketakutan dan terkejut. Kami ikut berduka dan bersolidaritas dengan penderitaan keluarga dan rekan-rekan Caritas Ukraina yang mengalami tragedi”.

Sekretaris Jenderal Caritas Internationalis, Aloysius John, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya dua karyawan wanita Caritas Ukraina di Mariupol. Menurut sumber lokal Caritas, pada 15 Maret sebuah tank Rusia melepaskan tembakan ke pusat Caritas di Mariupol, menewaskan dua karyawan dan lima anggota keluarga mereka yang berlindung di gedung tersebut. Kabar tragis itu baru muncul kemarin.

“Kami membutuhkan solidaritas dan doa Anda untuk keluarga para korban”, kata Presiden Caritas Ukraina, Tetiana Stawnychy.

Dalam sebuah wawancara, Kardinal Tagle, menekankan nilai kesaksian dari mereka yang, dengan mempertaruhkan nyawa mereka sendiri, membantu rakyat Ukraina yang hancur akibat perang dan membuat seruan sepenuh hati untuk mengakhiri konflik ini.

Pusat Caritas di Mariupol telah diserang. Sedikitnya tujuh orang tewas, termasuk dua anggota staf wanita. Apa perasaan Anda tentang berita tragis ini?

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini