Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Umat ​​di Kristen Irak Gembira dapat Kembali ke Dataran Niniwe untuk Merayakan Pekan Suci

Patriark Joseph III memimpin prosesi Minggu Palma bersama beberapa uskup dari Gereja-gereja lain. CNA

NINIWE, Pena Katolik – Setelah hampir satu dekade kehancuran, dan satu tahun setelah kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ke Irak, lebih dari 25.000 orang Kristen Asyur di Qaraqosh meneriakkan “Hosana bagi Anak Daud. Berbahagialah dia yang datang dalam nama Tuhan, Hosana.”

Qaraqosh, kota mayoritas Kristen Asyur yang terletak di jantung Dataran Niniwe di Irak utara, berjarak kurang dari 20 mil tenggara Mosul, kota yang pada tahun 2014 adalah ibu kota de facto Negara Islam (ISIS) di wilayah tersebut.

Dua dekade lalu, Mosul, Qaraqosh, dan kota-kota lain di Dataran Niniwe adalah rumah bagi sekitar 1,5 juta orang Kristen di Irak utara. Setelah invasi AS kedua pada tahun 2004 dan pemberontakan ISIS pada tahun 2014, hanya sekitar 300.000 orang Kristen yang tersisa.

Tetapi pada Minggu Palma, 10 April 2022, kota itu menjadi pusat Kristen di Irak selama prosesi dan Misa yang dipimpin oleh Yang Terberkati Ignatius Ephrem Joseph III Yonan dan Patriark Antiokhia dan Gereja Katolik Siria.  Ia didampingi Uskup Agung Mitja Lescovar, nuncio apostolik untuk Irak; Mgr. Nathanael Nizar Samaan, metropolitan dari keuskupan Hydiab-Erbil dan wilayah Kurdistan lainnya; Uskup Agung Ephrem Youssef Abba Mansour, dari Keuskupan Syriac Baghdad, dan Uskup Atanasius Firas Mundher Dardar, vikaris patriarkal untuk umat Katolik Syria di Basra (Basorah) dan Teluk Arab.

Miggu palma di Gereja St Maria Al-Tahira. CNA

Prosesi keliling kota berangkat dari Gereja Agung St. Mary di Al-Tahira, gedung gereja terbesar dari Gereja Katolik Syria, dan gereja terbesar di Irak sejak ditahbiskan pada tahun 1952. Gereja itu dinodai dan dibakar oleh ISIS , tetapi berkat bantuan organisasi Katolik di Barat, seperti Aid to the Church in Need, itu dipulihkan tepat waktu untuk kunjungan Paus Fransiskus pada Maret 2021.

Umat berjalan melalui jalan-jalan kota, berdoa rosario dalam bahasa Arab dan Syria, dan menyanyikan lagu-lagu Minggu Palma adalah orang-orang Kristen dari desa-desa sekitar, berbagai wilayah Irak, dan bahkan ekspatriat Irak dari Eropa, Amerika Serikat, dan Australia.

Di antara mereka yang kembali adalah Sabah Yacoub, yang sedang berkunjung dari Jerman. “(Qaraqosh) hidup dalam darah kami karena itu adalah batu karang kami. Dan seluruh Irak hidup dalam darah kami, karena itu adalah tanah asli kami. Kami dipaksa mengungsi karena ISIS, yang ingin membunuh kami, keluarga kami, putri kami, jadi kami harus bermigrasi dari negara ke tempat yang aman,” kata Yacoub kepada CNA.

Umat Kristen di Qaraqosh dengan pakaian tradisional mereka ketika merayakan Pekan Suci. CNA

“Saya menetap di Jerman,” lanjut Yacoub, “tetapi ketika kami tertidur, itu muncul di benak kami, jadi setiap tahun saya datang ke Irak pada hari libur, khususnya, dan saya menganggapnya sebagai ziarah ke negara saya, dan kami menunggu hari ketika kita dapat menemukan stabilitas di (Qaraqosh) dan Irak yang kita cintai.”

Qaraqosh hanya sebagian dibangun kembali dan diperkirakan hanya setengah dari populasi Kristen aslinya yang kembali. Namun pendeta Katolik, kelompok pertama yang memasuki kota setelah kekalahan ISIS, terus memimpin upaya rekonstruksi.

Prosesi Minggu Palma dihiasi dengan pelepah palem, mawar, warna-warna cerah, dan kostum folkloric yang menjadi ciri khas Pekan Suci dan Paskah.

Seperti yang dikatakan salah satu dari enam anggota keluarga Hana Qasha kepada ACI MENA: “Semua orang bersukacita atas Raja di atas segala Raja dan Tuan di atas segala Tuan. Kami menyambut Tuhan kita Yesus Kristus dengan lagu, himne, nyanyian, berbagai kostum rakyat dan warna-warna cerah, warna musim semi. Ini adalah pernikahan (Qaraqosh).”

Prosesi itu termasuk partisipasi dari persaudaraan tradisional Dikandung Tanpa Noda dan Hati Kudus, dan para katekumen yang akan diterima ke dalam Gereja Katolik pada Paskah.

“Kami di sini untuk mengumumkan kepada dunia bahwa kami berada di wilayah ini sebagai anak-anak harapan, anak-anak cinta yang ingin menjalani kehidupan yang bermartabat di bawah panji salib dan panji satu bendera Irak,” Patriark kata Younan.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini