28.3 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

40 Tentara Menyerang Katedral di Myanmar dan Menahan Uskup Agung

BERITA LAIN

More
    Katedral Hati Kudus Yesus Mandalay Myanmar. IST

    MANLADAY, Pena Katolik – Katedral Hati Kudus di Mandalay, Myanmar secara paksa diambil alih sebelum ibadat Jalan Salib pada hari Jumat, 8 April 2022. Sebanyak 40 tentara memasuki Katedral Hati Kudus pada pukul 14:30 waktu setempat tanggal 8 April dan menahan jamaah selama berjam-jam. Serangan itu juga menahan seorang uskup agung dan puluhan jemaah lainnya, termasuk seorang koresponden untuk CNA.

    Para prajurit memasuki Katedral Hati Kudus dan menolak mengizinkan para jemaah untuk pergi. Tentara juga menduduki bangunan lain di kompleks itu. Uskup Agung Mandalay, Mgr. Marco Tin Win dan pegawai Keuskupan Agung Mandalay juga digiring ke dalam gedung dan dipaksa duduk di bangku bersama dengan para jamaah.

    Masih Ditahan

    Tiga hari setelah kejadian itu, hingga berita ini diturunkan, militer Myanmar masih menagan Mgr Marco. Tantara belum membebaskan prelatus itu hingga kini.

    Seorang koresponden untuk CNA hadir dan ditahan selama sekitar tiga jam dan kemudian diizinkan pergi. Yang lainnya yang ditahan dibebaskan beberapa jam kemudian.

    “Saya sangat takut,” kata seorang umat paroki Katedral Hati Kudus, yang tidak menyebutkan namanya karena alasan keamanan, kepada CNA. “Militer selalu gila, tetapi mereka tidak pernah bertindak seperti ini sebelumnya. Kami berlari pulang segera setelah kami diizinkan keluar dari gereja.”

    “Para prajurit terus menuntut untuk mengetahui di mana emas dan uang serta senjata disembunyikan,” jelas keponakannya, yang juga meminta anonimitas. “Saya mengatakan kepada mereka bahwa tidak ada. Setiap uang yang dikumpulkan adalah untuk membantu keluarga miskin.”

    Segera setelah tentara memasuki katedral, peringatan dikirim ke seluruh komunitas Katolik untuk menjauh dari kompleks. Setelah mendengar penyusupan itu, Mgr. Dominic Jyo Du, vikjen keuskupan agung, menghadapkan para prajurit dan perwira mereka, menanyakan keberadaan mereka. Para prajurit membawanya ke katedral bersama dengan uskup agung.

    Sekitar 30 tentara pindah bangku untuk memberi ruang bagi diri mereka sendiri dan tidur di katedral semalaman. Mereka masih berada di dalam katedral Sabtu pagi. Berita tentang pendudukan bersenjata di katedral belum dilaporkan oleh media yang dikendalikan negara.

    Penganiayaan Terus Menerus

    Katedral Hati Kudus terletak di lingkungan kelas pekerja, sebagian besar India Tamil yang belum melihat perlawanan terbuka yang signifikan terhadap kudeta militer yang mengambil alih kekuasaan di negara yang juga dikenal sebagai Burma pada 1 Februari 2021, membubarkan parlemen dan menangkap mereka yang terkait kepada pemerintah yang sah.

    Penduduk lingkungan lebih memilih untuk merencanakan demonstrasi dan serangan mereka jauh dari rumah mereka. Ini tidak menghentikan militer untuk secara rutin menginvasi rumah para pemimpin yang dicurigai dan melecehkan etnis non-Burma.

    Orang Tamil adalah Katolik atau Muslim dan dicurigai oleh militer dan militan Buddha, termasuk beberapa biksu radikal terkenal, seperti Ashin Wirathu, yang khotbahnya yang berapi-api berkonsentrasi pada kecaman rasis terhadap Muslim dan Kristen. Dalam beberapa kesempatan, Wirathu secara terbuka menyerukan pemusnahan minoritas Muslim, yang dikenal sebagai Rohingya. Yang terakhir telah memiliki konflik terbuka dengan pemerintah pusat selama setidaknya 10 tahun, berkobar dalam pembangkangan mereka karena dikirim ke Bangladesh.

    Sebagian kecil pendeta Buddha di negara itu, mungkin 10%, secara terbuka mendukung militer dan serangannya terhadap etnis dan agama minoritas.

    Sejak kudeta, lebih dari 12.000 orang telah ditangkap dan diperkirakan 1.600 tewas dalam konflik tersebut, termasuk 50 anak-anak. Menurut laporan media, junta militer sengaja menargetkan gereja, institusi lain, dan warga sipil. Pada bulan Maret pesawat militer menyerang sebuah kota di timur negara itu, menyebabkan kerusakan parah pada atap, langit-langit dan jendela biara Katolik.

    Tindakan keras junta mengikuti pola lebih dari satu abad militer menyerang umat Katolik dan agama dan etnis minoritas lainnya di seluruh negeri, membakar gereja-gereja, memenjarakan mereka yang dicap sebagai pembangkang, dan membatasi pergerakan dan kegiatan umat Katolik di seluruh negeri di umum.

    Ada banyak permusuhan antara komunitas Katolik dan umat Buddha militan sejak berakhirnya British Raj pada tahun 1945. Dua dari orang suci pribumi pertama sama-sama mati syahid oleh biksu Buddha xenofobia radikal, penyimpangan budaya sejak sebagian besar biksu di negara itu menjunjung tinggi umat Katolik dan imam dan religius karena karya amal mereka.

    Paus Fransiskus mengunjungi Myanmar, pada November 2015. Sejak kudeta, ia telah berulang kali menyerukan dialog damai dan diakhirinya penganiayaan di negara itu.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI