26.1 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Paus Fransiskus Mengutuk Pembantaian di Bucha, Seruan untuk Mengakhiri Perang di Ukraina

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus memegang bendera Ukraina yang dibawa dari Bucha. Vatican News.

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menyesali pembantaian warga sipil di pinggiran kota Kyiv, Bucha selama pendudukan Rusia di daerah itu, dan memperbarui seruannya untuk mengakhiri perang di Ukraina. Ketika tingkat pembantaian warga sipil di Bucha terus menjadi jelas, Paus Fransiskus telah mengangkat suaranya untuk meratapi tragedi kemanusiaan yang terjadi ketika pasukan Rusia menguasai daerah itu.

    Berbicara di Audiensi Umum hari Rabu, 6 Maret 2022 Paus mengatakan pembunuhan warga sipil tak berdosa harus dihentikan. Paus menyerukan berhentinya perang segera. Paus Fransiskus kemudian memperbarui seruannya untuk mengakhiri perang Rusia di Ukraina.

    “Kekejaman yang semakin menghebohkan [terjadi], bahkan terhadap warga sipil, wanita, dan anak-anak yang tak berdaya. Mereka adalah korban yang darah tak bersalahnya berteriak ke surga dan memohon. Semoga perang ini berhenti. Semoga senjata terdiam. Berhentilah menabur kematian dan kehancuran.”

    Ia juga mengajak semua orang untuk berdoa dalam diam sejenak untuk meminta niat ini kepada Tuhan. Paus mengatakan bahwa pada hari Selasa dia telah menerima bendera Ukraina dari kota Bucha.

    Dia kemudian membentangkan bendera yang pudar dan bernoda perang dan mengangkatnya untuk dilihat semua orang, mengatakan bahwa bendera itu “berasal dari perang, dari kota Bucha yang mati syahid.

    Paus Fransiskus menambahkan bahwa beberapa anak Ukraina—sekarang pengungsi di Italia—hadir dalam Audiensi Umum, dan dia mengundang mereka untuk naik ke atas panggung bersamanya.

    “Anak-anak ini harus melarikan diri, dan datang ke negeri asing. Ini adalah salah satu buah dari perang. Janganlah kita melupakan mereka, dan janganlah kita melupakan rakyat Ukraina.”

    Ketika dia membiarkan anak-anak kembali ke tempat duduk mereka, Paus Fransiskus mencatat bahwa situasi sulit ketika seseorang dicabut dari tanah airnya.

    Pembantaian Bucha

    Bucha, sebuah kota pinggiran yang terletak di barat laut Kyiv, dikuasai pasukan Rusia dari 27 Februari hingga 31 Maret, ketika saat itu pasukan ditarik dari daerah tersebut. Ketika pasukan Ukraina memasuki kota—ditemani oleh anggota pers internasional—adegan-adegan seperti apokaliptik mulai muncul dari mayat-mayat yang ditumpuk dan dibakar, bersama dengan bukti pembunuhan gaya-eksekusi terhadap warga sipil yang tidak bersenjata.

    Apa yang dulunya merupakan pinggiran kota kelas menengah kini telah menjadi tempat penyiksaan dan pembunuhan yang mengerikan, dengan walikota kota itu mengatakan lebih dari 320 warga sipil telah dibunuh di sana. Sebuah kuburan massal juga telah ditemukan, yang dapat berisi lebih dari 150 mayat.

    Gambar satelit menunjukkan bahwa banyak mayat lainnya tergeletak di jalan selama berminggu-minggu. Menanggapi pembantaian Bucha, pemerintah Barat telah meningkatkan sanksi terhadap Rusia, yang mengklaim pembantaian itu adalah tipuan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI