Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Patung Maria Raksasa di Brasil

Bunda Maria Aparecida. IST

Pengadilan Banding Negara Bagian São Paulo telah membatalkan keputusan tahun 2019 yang menghentikan pembangunan patung baja raksasa Perawan Maria di Aparecida, kota tempat kuil Katolik utama Brasil berada.

Sekarang, patung baja tahan karat setinggi 164 kaki yang menggambarkan Bunda Maria Aparecida dilanjutkan pembangunannya. Patung ini lebih tinggi dari Patung Yesus Sang Penyelamat di Rio de Janeiro. Patung Bunda Maria Aparecida ini disumbangkan pada tahun 2017 oleh seniman Gilmar Pinna. Patung ini menjadi bagian dari perayaan peringatan 300 tahun penampakan Bunda Maria Aparecida.

Sebelumnya pengerjaan patung Bunda Maria Aparecida ini terhenti karena gugatan yang diajukan oleh Asosiasi Ateis dan Agnostik Brasil (ATEA), yang mengklaim bahwa dana publik digunakan untuk membayar simbol-simbol agama, yang dilarang oleh konstitusi Brasil. Namun, Pinna mengatakan hampir semua elemen yang mengintegrasikan proyek tersebut telah disumbangkan, termasuk patung.

“Empat puluh tahun yang lalu, saya menghadapi masalah yang mengerikan dalam keluarga saya, dan saya meminta bantuan Bunda Maria. Dia memberi saya rahmat dan saya berjanji padanya saya akan membangun sesuatu yang megah,” katanya kepada Crux.

Seniman itu mengatakan bahwa dia telah menabung sebagian dari pembayaran yang dia dapatkan untuk patung-patungnya sejak saat itu dengan tujuan menciptakan Madonna (Maria) raksasa. Orang lain juga berkontribusi. Tanah tempat patung itu dibangun adalah sumbangan dari João Vicente Vieira, seorang pengusaha lokal. Pengangkutan potongan-potongan patung itu juga merupakan sumbangan.

“Patung itu memiliki lebih dari 200 bagian. Setiap bagian dibawa ke tempat implantasi dan dirakit selama empat bulan, membentuk empat bagian besar. Pondasi selesai, dan kami hanya harus merakit empat bagian untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi kami diperintahkan untuk berhenti,” kata Pinna.

Terlepas dari berjalannya kasus ini, Pinna mengatakan bahwa dia menghormati para ateis dan agnostik – dan bahkan hak mereka untuk membantah hal-hal yang tidak mereka setujui. Tetapi, dia menegaskan bahwa tuntutan itu tidak masuk akal. Tahun lalu, ATEA mengajukan gugatan lain terhadap pekerjaannya di kota São Sebastião, di mana di tempat itu, Pinna membangun patung St. Sebastian dari baja setinggi 164 kaki.

Antonius E. Sugiyanto

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini