Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Dua Tahun Setelah Doa “Keramat” di Lapangan Santo Petrus

Paus Fransiskus berdoa di Lapangan St Petrus saat Pandemi mulai melanda. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Pomen pada 27 Maret 2020, adalah malam berkat yang luar biasa, benar-benar unik dalam sejarah. Saat itu, Paus Fransiskus berdoa seorang diri di depan Salib Ajaib di Lapangan Santo Petrus Vatikan. Ia berdoa untuk pandemi Covid-19 yang saat itu mulai menyebar di sleuruh dunia.

Doa itu begitu “keramat” (sakral). Di mana Paus mengajak seluruh dunia untuk tabah di hadapan Virus Corona.

Kini sudah dua tahun berlalu sejak momen itu. Dua kantor Vatikan membuat video refleksi pada malam itu dan undangan Paus. Dikasteri untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Secara Integral dan Dikasteri untuk Komunikasi merilis video tersebut pada 27 Maret, dua tahun setelah berkat “urbi et orbi” yang luar biasa itu.

Ibadah selama satu jam malam itu ditandai dengan kekosongan dramatis Lapangan Santo Petrus dan Basilika, dengan hujan menambah kekhidmatan. Tidak pernah dalam sejarah upacara serupa terjadi, dengan rahmat dari berkah “urbi et orbi” yang luar biasa diterima hampir seluruhnya oleh orang-orang yang menyaksikan melalui siaran langsung. Pilihan untuk memberikan berkat itu pada kesempatan itu adalah cara yang benar-benar unik untuk menghadirkan Kristus.

Mengapa berkat paus pada 27 Maret benar-benar unik

Homili Paus mencerminkan bagaimana Coronavirus menyatukan kita dalam kemanusiaan kita bersama, sebagai saudara dan saudari.

“Kami telah menyadari bahwa kami berada di kapal yang sama, kita semua rapuh dan bingung, tetapi pada saat yang sama penting dan dibutuhkan, kita semua dipanggil untuk mendayung bersama,” katanya.

Video yang dirilis pada peringatan dua tahun itu menggabungkan gambar-gambar dari doa malam itu, dengan keluarga dan anak-anak, menawarkan undangan untuk berharap. Pada akhirnya, mengundang komitmen bersama, untuk menuju perdamaian.

Setelah berdoa Angelus tengah hari hari ini, Bapa Suci mencatat malam itu, dan mengumumkan bahwa sebuah buku akan dibagikan kepada umat beriman, untuk membantu mereka berdoa di saat-saat sulit.

Hanya dua tahun yang lalu, dari Plaza ini, kami mengangkat permohonan kami untuk berakhirnya pandemi. Hari ini kami melakukannya untuk mengakhiri perang di Ukraina. Saat Anda meninggalkan Alun-alun, Anda akan ditawari sebuah buku, yang dibuat oleh Komisi Vatikan untuk Covid-19 dengan Dikasteri Komunikasi, untuk mengundang Anda berdoa di saat-saat sulit, tanpa rasa takut, selalu memiliki iman kepada Tuhan.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini