26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Paus Fransiskus Kepada Uskup: Konsekrasi Rusia dan Ukraina adalah untuk Memohon Perdamaian

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengirim surat kepada semua Uskup Katolik seluruh dunia, menjelang Konsekrasi Rusia dan Ukraina kepada Hati Maria yang Tak Bernoda. Paus menyebut ini sebagai “gerakan Gereja universal” untuk menyerukan diakhirinya kekerasan dan penderitaan orang-orang yang tidak bersalah.

    Paus secara resmi mengundang setiap Uskup Katolik di seluruh dunia untuk bergabung dengannya pada hari Jumat, 25 Maret, untuk berdoa “Bagi Pengudusan umat manusia, dan khususnya Rusia dan Ukraina, kepada Hati Maria yang Tak Bernoda.” Paus Fransiskus menyampaikan seruan itu dalam sebuah surat yang dikirim pada hari Rabu kepada semua Uskup.

    Dalam suratnya, Paus menyesalkan “penderitaan luar biasa” yang ditimbulkan perang di Ukraina terhadap “orang-orang yang diadili” dan yang “mengancam perdamaian dunia.”

    “Pada saat-saat gelap ini, Gereja segera dipanggil untuk bersyafaat di hadapan Pangeran Perdamaian dan untuk menunjukkan kedekatannya dengan mereka yang terkena dampak langsung konflik.”

    Menyerukan perdamaian untuk Ukraina

    Paus mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada banyak umat Katolik yang telah menanggapi “dengan kemurahan hati yang besar atas seruan saya untuk doa, puasa, dan amal.” Dia mengatakan keputusannya untuk melakukan Tindakan Pengudusan bagi bangsa-bangsa yang berperang sebagian datang sebagai tanggapan atas “banyak permintaan oleh Umat Allah.”

    “Pada tanggal 25 Maret, Hari Raya Kabar Sukacita, saya bermaksud untuk melaksanakan Tindakan Pengudusan umat manusia yang khusyuk, dan khususnya Rusia dan Ukraina, kepada Hati Maria yang Tak Bernoda.”

    Paus mengatakan ajakan untuk berdoa pada hari Jumat di masa prapaskah ini sangat tepat. Waktu ini memungkinkan setiap orang untuk memohon kedamaian dengan hati yang diperbarui oleh pengampunan Tuhan. Konsekrasi akan berlangsung sekitar pukul 18:30 waktu Roma, saat itu Paus akan memimpin doa di Basilika Santo Petrus.

    Seluruh Perayaan Tobat akan disiarkan di seluruh saluran Berita Vatikan—radio, YouTube, situs web, dan Facebook—dan disertai dengan komentar berbahasa Inggris.

    Menyerukan diakhirinya kekerasan

    Paus Fransiskus kemudian memaparkan makna di balik konsekrasi Rusia dan Ukraina. “Tindakan Pengudusan ini dimaksudkan sebagai isyarat Gereja universal, yang dalam momen dramatis ini mengangkat kepada Allah, melalui Bunda-Nya dan kita, seruan kesakitan semua orang yang menderita dan memohon diakhirinya kekerasan, dan untuk mempercayakan masa depan keluarga manusia kita kepada Ratu Perdamaian.”

    Paus kemudian mengundang semua uskup, imam, religius, dan umat Katolik untuk “berkumpul di tempat doa mereka pada tanggal 25 Maret, sehingga Umat Suci Allah dapat mengangkat permohonan sepenuh hati dan paduan suara kepada Maria Bunda kita.” Dia juga melampirkan teks Akta Konsekrasi sehingga setiap orang dapat “membacanya sepanjang hari itu, dalam persatuan persaudaraan.”

    Paus Fransiskus berterima kasih kepada semua orang atas perhatian dan kerja sama setiap umat. Dia memberkati para Uskup dan umat beriman yang dipercayakan kepada mereka. “Semoga Yesus melindungi Anda dan Perawan Suci menjaga Anda,” doanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI