Sabtu, Juli 27, 2024
33.4 C
Jakarta

Seorang Imam di Amerika Memberikan Hadiah Uang kepada Hakim Karena Belas Kasihnya

Frank Caprio dan Pastor Mark Mastin SCJ. IST

RHODE ISLAND, Pena Katolik – Seorang hakim yang populer di televisi dan Youtube, Frank Caprio, mendapat hadiah istimewa dari seorang imam berkat tindakan belas kasihnya. Hadiah ini diberikan atas setuap keputusan yang adil dan berbelas kasih.

Caprio adalah hakim kepala di Providence, Rhode Island. Ia dikenal karena acara TV-nya Caught in Providence. Ia juga dikenal karena kelonggarannya saat memberikan denda atau hukuman bagi pelanggar hukum dengan kasus ringan.

Di usianya yang ke 85 tahun, Caprio secara teratur masih duduk di bangkunya membuat keputusan yang bijaksana, penuh empati, dan kasih sayang. Keputusan ini telah dilihat oleh jutaan pemirsa yang menyaksikan Caprio. Ia benar-benar mendengarkan orang-orang dan keadaan mereka, dan memberi mereka kesempatan daripada mengutuk mereka karena kesalahan malang mereka.

Gaya dari ayah lima anak ini tidak luput dari perhatian seorang imam, Pastor Mark Mastin SCJ, dari Paroki Franklin, Wisconsin. Imam Kongregasi Hati Kudus Yesus ini meluangkan waktu untuk mengunjungi ruang sidang Caprio. Ia lalu menyerahkan sumbangan sebesar $1.000 kepada Caprio.

Pastor Mastin menjelaskan latar belakangnya sendiri kepada hakim dan bagaimana dia tumbuh dalam kemiskinan ekstrem bersama tujuh saudara kandungnya. Ibunya membesarkan mereka semua sendirian, sementara juga merawat saudara perempuannya dengan sindrom Down, dan pada akhirnya ayahnya. Dia melanjutkan, ibunya kadang tidak makan untuk memastikan anak-anaknya bisa makan.

Frank Caprio. IST

Kasih sayang dan belas kasihan

Saat hakim mendengarkan dengan saksama, imam itu menjelaskan bagaimana Caprio – yang dia sebut sebagai “pria yang penuh kasih sayang” – menampilkan kebajikan yang sangat penting bagi Gereja Katolik. Dia berbagi bahwa definisi Latin dan teologis dari belas kasih adalah “menderita bersama,” dan bagaimana Tuhan menunjukkan belas kasih saat Dia menderita bersama kita.

Menggali sedikit lebih dalam, dia juga menjelaskan bagaimana kata “belas kasihan” dalam bahasa Ibrani adalah “chesed”, yang berarti, di antara definisi lain, untuk ‘perjalanan dengan seseorang, untuk menarik mereka keluar dari kedalaman keputusasaan mereka’.

Semua kualitas ini ada dalam diri Caprio. Dalam pekerjaan, di mana Caprio dapat menghukum mereka yang melanggar hukum, dia lebih memilih untuk menghakimi secara adil, mencoba, dan menunjukkan belas kasih kepada orang-orang yang berdiri di hadapannya sebagai terdakwa. Hakim  itu melakukan yang terbaik: berbicara dengan alasan, dari hatinya.

Menanggapi apa yang dibagikan oleh imam itu, Caprio menunjukkan bagaimana Pater. Mastin menunjukkan pentingnya “unit keluarga, yang merupakan unit dasar masyarakat.” Dia melanjutkan dengan mengatakan, “semangatmu, kemurahan hatimu, dan hatimu berasal dari keluargamu, dari ibumu.”

Pastor Mastin menjelaskan, salah satu dosa dunia saat ini adalah hancurnya unit keluarga. setiap orang harus melakukan apa yang kita bisa untuk menjaganya tetap bersama. “Anda adalah contoh produk dari keluarga yang kuat dan ibu yang penuh kasih,” kata Pastor Mastin kepada Caprio.

Pastor Mastin mengunjungi pengadilan saat Caprio melaksanakan tugasnya, dalam perjumpaan mereka, keduanya berbagi pelukan yang bermakna.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini