Pembicaraan Tingkat Tinggi antara Ukraina dan Rusia Tanpa Kemajuan

0
703
Para pengungsi di Polandia yang lari dari Ukraina.

ANTALYA, Pena Katolik – Para diplomat top Ukraina dan Rusia bertemu di Turki pada hari Kamis untuk pembicaraan tatap muka tetapi tidak ada kemajuan yang dibuat. Ketika perang di Ukraina memasuki minggu ketiga, ini adalah kontak tingkat tinggi pertama antara pihak-pihak tersebut sejak invasi Rusia dimulai.

Pada jumpa pers setelah pembicaraan di kota Antalya, Turki, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan rekannya dari Rusia, Sergei Lavrov menolak berjanji untuk menghentikan penembakan sehingga bantuan dapat menjangkau warga sipil dan memungkinkan evakuasi ratusan ribu orang yang terjebak di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung.

Pada konferensi pers simultan di ruang terpisah, Lavrov tidak menunjukkan tanda-tanda membuat konsesi, mengatakan operasi itu akan merencanakan dan mengulangi tuntutan Rusia agar Ukraina dilucuti dan menerima status netral.

Mariupol dikepung

Badan-badan bantuan mengatakan bantuan kemanusiaan sangat dibutuhkan di Mariupol, di mana 400.000 orang telah terperangkap selama lebih dari seminggu tanpa makanan, air atau listrik. Pelabuhan itu dilaporkan mendapat serangan udara baru pada Kamis pagi, sehari setelah Moskow membom sebuah rumah sakit bersalin di sana.

Ukraina mengatakan sebuah konvoi yang berusaha mencapai kota itu kembali dihalau oleh tembakan Rusia, menghalangi pengiriman bantuan. Upaya harian untuk gencatan senjata kemanusiaan lokal telah gagal sejak Sabtu.

Sementara itu, tujuan Moskow untuk menghancurkan militer Ukraina dan memecat para pemimpinnya tetap di luar jangkauan. Pasukan Putin telah maju di selatan tetapi belum merebut kota-kota utama di utara atau timur.

Tragedi kemanusiaan

Setengah dari lebih dari 2 juta pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina adalah anak-anak. Komite Palang Merah Internasional mengatakan rumah-rumah telah hancur di seluruh Ukraina, dan ratusan ribu orang tidak memiliki makanan, air, pemanas, listrik, dan perawatan medis.

Jumlah total orang yang tewas di Ukraina sejauh ini tidak mungkin untuk dikonfirmasi, tetapi Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia memverifikasi total 516 kematian warga sipil, 37 di antaranya adalah anak-anak. Diperkirakan juga jumlah tentara Rusia yang tewas bisa mendekati 3000.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here