Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus: Mari Kita Beralih ke St. Yosef

Paus Fransiskus saat audiensi di Aula Paulus VI Vatikan. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik-Pada Audiensi Umum hari Rabu, 16 Februari 2022, Paus Fransiskus melanjutkan siklus katekese tentang sosok Santo Yosef. Ia menggambarkan St Yosef sebagai orang yang peduli pada orang lain.

Pada kesempatan ini, Paus Fransiskus berbicara kepada umat beriman yang berkumpul di Aula Paulus VI untuk Audiensi Umum mingguannya dengan mencatat bahwa katekese ini melengkapi Surat Apostolik Patris corde, yang ditulis pada kesempatan peringatan 150 tahun proklamasi St Yosef sebagai Pelindung Gereja Katolik oleh Beato Pius IX.

Dengan mengingat hal itu, Paus mengajukan pertanyaan: Apa artinya St Yosef adalah “pelindung Gereja”? Paus menjelaskan bahwa Injil memberi kita interpretasi yang paling benar.

“Di akhir setiap cerita di mana Joseph adalah protagonis”, Paus memulai, “Injil mencatat bahwa dia membawa Anak dan ibunya bersamanya dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan untuk dia lakukan.” Dia selalu melakukan apa yang harus dia lakukan untuk melindungi mereka berdua, kata Paus.

Inti Gereja

Paus Fransiskus menjelaskan bahwa dalam rencana keselamatan Allah, “Putra tidak dapat dipisahkan dari Bunda”, menambahkan bahwa Konsili Vatikan Kedua mengingatkan kita akan hal ini. Yesus, Maria dan Yusuf dalam arti tertentu adalah inti primordial Gereja, seperti yang diingatkan oleh Surat Apostolik Patris corde.

“Kita juga harus selalu bertanya pada diri sendiri apakah kita melindungi dengan segenap kekuatan kita Yesus dan Maria, yang dipercayakan secara misterius tanggung jawab kami, perawatan kami, hak asuh kami,” ujar Paus.

Tuhan memercayai Yusuf, lanjut Paus, seperti yang dilakukan Maria, karena Dia selalu merawatnya dan Anaknya. Dalam pengertian ini, Joseph tidak bisa tidak menjadi Penjaga Gereja, karena Gereja adalah perpanjangan dari Tubuh Kristus dalam sejarah, dan pada saat yang sama dalam keibuan Gereja, keibuan Maria dibayangi.

“Joseph, dalam terus melindungi Gereja, terus melindungi Anak dan ibunya, dan kita juga, dalam mencintai Gereja, terus mencintai Anak dan ibunya.”

Peduli untuk semua

Paus kemudian melanjutkan dengan menjelaskan bahwa anak yang sama inilah yang akan mengungkapkan bahwa setiap orang harus dirawat. Setiap orang yang lapar dan haus, setiap orang asing, setiap orang tanpa pakaian, setiap orang sakit, setiap tahanan adalah ‘ Anak yang dirawat Yusuf.

Dia menambahkan bahwa di masa di mana kita hidup “adalah umum untuk mengkritik Gereja, untuk menunjukkan inkonsistensi, dosa-dosanya”, yang pada kenyataannya, lanjut Paus, “adalah inkonsistensi kita, dosa kita, karena Gereja selalu menjadi orang-orang berdosa yang menemukan belas kasihan Tuhan.”

Mengakhiri katekesenya, Paus Fransiskus mendorong umat beriman yang berkumpul untuk meminta syafaat St Joseph, tepatnya pada saat-saat paling sulit dalam kehidupan Anda dan komunitas Anda.

“Berapa banyak orang kudus yang berpaling kepadanya, tutup Paus. Mari kita tiru teladan mereka.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini