Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Mimpi Uskup Agung Pontianak Agustinus: Simbol Keagamaan Kalimantan Patung Yesus Panglima Burung

Mgr Agustinus Agus saat bertemu dengan tokoh masyarakat. Samuel – Pena Katolik

BENGKAYANG, Pena Katolik – Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus menindaklanjuti progres pembangunan Patung Yesus Raksasa khas Kalimantan. Hal ini ia sampaikan saat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Jagoi Babang, Senin malam 7 Februari 2022. Pertemuan itu dihadiri juga oleh DPRD Kabupaten Bengkayang, Debit, Ketua dewan adat kecamatan Jagoi Babang, Kasminto, Kepala Benua Jagoi, Lipon, Tokoh Adat Desa Jagoi, Ahau Kadoh, Kepala Adat Desa Jagoi, Nogian, Kepala Desa Jagoi, Dedeng dan Camat Jagoi Bababang, Saidin.

Menurut data bahwa Jagoi Babang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Wilayah ini terletak di perbatasan Kalbar-Serawak (batas sebelah timur, kurang lebih 1 jam ke Kota Serawak). Sebelah utara Kecamatan ini berbatasan dengan Lundu, Sarawak Malaysia,sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Seluas dan kecamatan Siding, sebelah timur berbatasan dengan Serikin, Sarawak Malaysia.

Umumnya masyarakat Jagoi Babang adalah mayoritas beragama Katolik. Mgr. Agutinus memiliki cita-cita besar bahwa kedepan Kalimantan juga memiliki simbol keagamaan. Dalam mimpinya, salah satu simbol ini diwujudkan dengan mendirikan Patung Yesus Raksasa di daerah perbatasan. 

Menindaklanjuti cita-cita besar Uskup Agustinus bersama Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis mengajak arsitek profesional yang merancang bangunan khas Suku Dayak Bedayuh, Yori Antar didampingi Kyinan Tegar film-maker muda dan Seniman Patung yakni Teguh Ostrentik.

Yesus Sebagai Panglima Burung

Dalam konsep patung yang dipaparkan oleh Teguh Ostrentik yaitu bertema tentang Yesus sebagai Panglima Burung. Teguh lebih menekankan pada simbol budaya setempat dengan elemen konsep desain mengandung unsur simbol kasih dan simbol kedamaian.

Teguh kemudian menjelaskan secara spesifik pula bahwa simbol tersebut dituangkan dengan lembut pada raut wajah dari bentuk hidung, mata dan mulut.

Selanjutnya elemen konsep dasar desain juga dituangkan dengan gestur tubuh dan pakaian tanpa menghilangkan simbol Budaya Dayak. Ikon dalam Budaya Dayak sendiri terdiri dari seni tari, burung enggang, alat musik dan baju adat.

Dalam kesempatan itu juga Teguh menjelaskan kepada sejumlah tokoh masyarakat yang hadir itu terkait sketsa model patung Yesus yang bertema Yesus sebagai Panglima Burung.

Gereja gaya Baluk Dayak Bedayuh

Selain pemaparan oleh Teguh, sebelumnya Yori Antar juga memaparkan kontruksi bangunan gereja dengan gaya Baluk khas Dayak Bedayuh. Baluk merupakan rumah adat suku Dayak Bidayuh. Bentuk rumah adat ini berbeda dari rumah adat suku-suku Dayak lainnya, khususnya yang berada di Kalimantan Barat.

Rumah Adat Baluk ini terletak di Kecamatan Siding desa Hli Buei dusun Sebujit. Jarak lokasi ini dari Ibukota Bengkayang sekitar 134 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Butuh waktu tempuh sekitar ± 2-3 jam dari Kota Bengkayang untuk sampai di lokasi ini.

Rumah Adat ini gunakan oleh masyakat Suku Dayak Bidayuh dalam acara ritual tahunan (nibak’ng) yang dilaksanakan setiap tanggal 15 Juni, setelah usai musim menuai padi dan untuk menghadapi musim penggarapan ladang tahun berikutnya.  Rumah Baluk yang sudah ada ini berbentuk bundar, berdiameter kurang lebih 10 meter dengan ketinggian kurang lebih 12 meter dan disanggah sekitar 20 tiang kayu dan beberapa kayu penopang lainnya serta sebatang tiang digunakan sebagai tangga yang menyerupai titian.

Ketinggian ini menggambarkan kedudukan atau tempat Kamang Triyuh yang harus dihormati. Nyobeng adalah kegiatan Ritual Suku Dayak Bidayuh di daerah Sebujit desa Hlibeui Kecamatan Siding telah dilakukan secara turun temurun merupakan upacara adat Hliniau yaitu upacara adat permohonan berkat, sejahtera, kedamaian, ketentraman dan lain-lain namun upacara adat budaya ini hanya diperuntukan bagi kaum pria sedangkan bagi kaum wanita adat budaya tersebut dinamakan Nambok. Kedua jenis adat budaya ini merupakan upacara adat baluk dan adat padi.

Atas dasar itulah Yori Antar yang sudah melalang buana membangun rumah adat dengan prinsip “botom-up” artinya dari masyarakat yang lisan kemudian diteremahkan menjadi tulisan. Bukan dari tekstual kemudian menjadi lisan, yang Yori sebut dengan istilah “Top-down”. Gereja dan bangunan yang mendukung berdirinya patung Yesus Sebagai Panglima Burung ini akan di desain menyesuaikan dengan tata dan cara adat setempat, dalam hal ini adalah Suku Dayak Bedayuh.

Simbol pembebasan dari kebodohan

Uskup Agung Pontianak juga menegaskan kepada sejumlah tokoh masyarakat yang hadir itu dengan menyampaikan makna dari simbolik tersebut.

“Sebagai ucapan terima kasih orang Dayak yang mayoritas beragama Kristiani kepada Yesus, maka inilah kesempatan kita untuk menjadikan Jagoi Babang yang persis di Perbatasan dengan mendirikan simbol ini,” kata Uskup Agustinus.

Uskup Agustinus juga menjelaskan bahwa tanpa adanya missionaris agama yang datang, kemungkinan orang Dayak sampai saat  ini masih tertinggal. Hadirnya missionaris Katolik tempo lalu yang pertama-tama dibangun adalah pendidikan, kesehatan dan mengajarkan orang Dayak tentang kecerdasan keuangan.

Oleh sebab itu, sebagai tanda terima kasih orang Dayak kepada Yesus salah satunya dengan mendirikan simbol keagamaan dimana posisi strategis Jagoi Babang yang notabene umat Katolik. Uskup Agustinus melanjutkan bahwa berdirinya Patung Yesus Sebagai Panglima Burung ini juga sekaligus memberikan simbol pembebasan dari ketertinggalan dan bebas dari pembodohan. Dalam diskusi bersama tokoh masyarakat, Uskup Agustinus menggarisbawahi tentang budaya lokas jangan dihilangkan, namun tetap harus terlestarikan agar menjadi bekal di masa depan.

“Patung Yesus adalah tanda terima kasih Orang Dayak pada Yesus yang membebaskan orang Dayak pada kebodohan dan ketertinggalan baik segi pendidikan maupun ekonomi melalui jalan yang dirintis oleh misionaris,” kata Uskup Agustinus.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini