32.5 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Azerbaijan Meminta Paus Fransiskus Menjadi Penengah dalam Perselisihan dengan Armenia

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus pada 2 Oktober tiba di Azerbaijan yang mayoritas penduduknya Muslim dalam perjalanan terakhir tur perdamaiannya di wilayah bekas Uni Soviet yang bergejolak, hanya beberapa bulan setelah mengunjungi tetangganya, Armenia. Aleteia

    AZERBAIJAN, Pena Katolik – Azerbaijan berharap Paus Fransiskus yang akan menengahi perselisihannya dengan Armenia. Hal ini disampaikan Rahman Mustafàyev, Duta Besar Azerbaijan untuk Takhta Suci, pada 17 Januari 2022.

    Mustafàyev berbicara pada konferensi pers di Roma pada akhir perjalanan antaragama yang dipimpin oleh Sheikh Allahshükür Hummat Pashazade, mufti agung Kaukasus. Diplomat tersebut menjelaskan, bahwa fakta bahwa Takhta Suci memiliki “hubungan baik dengan kedua belah pihak”. Ini menjadi alasan mengapa Paus dapat berperan banyak dalam penyelesain konflik kedua negara.

    Pada 10 November 2020, perang kedua di Nagorno-Karabakh berakhir, dengan Azerbaijan menguasai wilayah pegunungan, yang sampai saat itu menjadi bagian dari Armenia. Yang terakhir mencela invasi. Meskipun konflik secara resmi telah berakhir sejak gencatan senjata, ketegangan dan bentrokan di perbatasan telah terjadi berlipat ganda sejak saat itu.

    Selama periode ini, Azerbaijan telah memperkuat kehadiran diplomatiknya dengan Takhta Suci, yang juga merupakan lawan bicara reguler Armenia. Takhta Suci baru-baru ini membuka kedutaannya di Yerevan. Azerbaijan akan membuka kantor kedutaan besarnya di Vatikan dalam beberapa bulan. Keputusan ini dikeluarkan saat kedua negara akan merayakan 30 tahun hubungan diplomatik tahun ini.

    Mediasi Patriark Kirill

    Untuk menjelaskan apa yang diharapkan Azerbaijan dari Tahta Suci, Mustafàyev menawarkan sebagai contoh mediasi yang dilakukan oleh Patriark Kirill pada Oktober 2021.

    Di Moskow, kepala Gereja Ortodoks Rusia itu telah mengumpulkan Syekh Pashazade dan Catholicos dari semua orang Armenia Karekin II. Saat itu ditandatangani sebuah deklarasi yang ditandatangani oleh ketiga pihak yang memungkinkan penghormatan terhadap tempat ibadah, perasaan keagamaan dan pemakaman, dan menyerukan semua untuk “menghindari bahasa kebencian” di masa depan. Azerbaijan mengatakan itu selaras dengan prinsip-prinsip Fratelli Tutti.

    “Ini bukan konflik agama,” Sheikh Pashazade meyakinkan pada konferensi pers, tetapi “konflik politik.” “Semua perwakilan agama hidup dalam damai di Azerbaijan,” dia meyakinkan.

    Setelah datang ke Roma selama lima hari sebagai kepala delegasi antaragama dari negaranya – termasuk Prefek Apostolik Azerbaijan, Mgr.  Vladimír Fekete, dan Archimandrite Alexei Nikorov dari Gereja Ortodoks Rusia – perwakilan Muslim itu bertemu Paus Fransiskus selama audiensi di Vatikan pada 13 Januari.

    “Saya berterima kasih kepada Paus Fransiskus karena menerima kami,” kata syekh Azeri, merujuk pada pertemuan persaudaraan dan memuji hubungan persahabatan yang panjang antara Azerbaijan dan Takhta Suci.

    Dia juga memuji Dokumen Persaudaraan Manusia – sebuah teks yang ditandatangani bersama oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmad Al-Tayyeb pada tahun 2019. Dokumen itu membela prinsip-prinsip koeksistensi agama-agama secara damai. Dokumen ini selaras dengan ensiklik Fratelli Tutti.

    Penolakan terhadap “vandalisme” Armenia

    Pemimpin agama Muslim mengecam perilaku orang-orang Armenia kepada Paus, merujuk pada “vandalisme” yang diamati di tempat-tempat ibadah Muslim di Nagorno-Karabakh, tetapi juga terhadap bangunan-bangunan Kristen yang bukan milik Gereja lokal. Selama konferensi pers, Archimandrite Alexei juga tergerak oleh penghancuran sebuah gereja Ortodoks Rusia di tanah Armenia. Pernyataan-pernyataan ini bertentangan dengan pernyataan pemerintah Armenia, yang juga mengecam penghancuran warisan agama Armenia oleh Azeri.

    Dalam beberapa hari terakhir, delegasi Azeri telah mempertahankan sudut pandangnya dengan bertemu dengan beberapa tokoh penting Kuria Vatikan, dimulai dengan Sekretaris Negara Kardinal Pietro Parolin dan Sekretaris Hubungan dengan Negara, Mgr. Paul Richard Gallagher. Mereka “mengikuti dengan cermat situasi di negara kita,” duta besar Azerbaijan meyakinkan.

    Para wakil juga diterima oleh presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, Kardinal Miguel ngel Ayuso Guixot, yang digambarkan oleh duta besar sebagai “mitra utama” mereka selama perjalanan ini.

    Diplomasi restorasi seni

    Selama kunjungan ini, delegasi mengadakan dua pertemuan penting lainnya, yang pertama dengan Kardinal Mauro Gambetti, Imam Agung Basilika Santo Petrus, dan yang kedua dengan Kardinal Gianfranco Ravasi, Presiden Dewan Kepausan untuk Kebudayaan. Kedua uskup berpangkat tinggi ini adalah teman bicara yang istimewa bagi Azerbaijan karena patronase penting di Roma.

    Sejak 2012, pemerintahan Presiden Ilham Aliyev telah mendanai sejumlah besar pekerjaan restorasi di beberapa monumen sejak awal berdirinya Gereja di Kota Abadi. Ini adalah kasus fresko di katakombe Santi Marcellino e Pietro dan sarkofagus di San Sebastiano – tempat yang dikunjungi orang Azeri selama mereka tinggal.

    Maret lalu, sebuah perjanjian baru ditandatangani antara Azerbaijan dan Komisi Kepausan untuk Arkeologi Suci untuk merestorasi lukisan dinding di katakombe Commodilla, termasuk salah satu di mana ada “salah satu representasi pertama Yesus.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI