29.4 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Seorang kardinal di Inggris Dianugerahi Gelar Kebangsawanan “Sir” oleh Ratu Elizabeth II

BERITA LAIN

More
    Kardinal Michael Fitzgerald. Catholic Herald

    LONDON, Pena Katolik – Kardinal Michael Fitzgerald, mantan presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, diangkat menjadi Officer of the Order of the British Empire, by Queen Elizabeth (OBE). Dengan penghargaan ini, maka Kardinal Fitzgerald berhak menyandang gelar “Sir”. Anugerah ini diberikan pada tanggal 31 Desember. Kardinal Fitzgerald mendapat anugerah ini atas jasanya untuk layanan bagi Kemitraan Antaragama dan Antar Gereja.

    “Saya menghargai dan berterima kasih atas penghargaan ini, terutama mengingat ‘layanan saya untuk hubungan antaragama’ telah terjadi terutama di luar Inggris,” katanya kepada CNA pada 3 Januari.

    Kardinal emeritus berusia 84 tahun, yang tinggal di Liverpool ini telah mendedikasikan hidupnya untuk memperkuat hubungan antara orang Kristen dan Muslim. Kardinal Fitzgerald adalah anggota Tarekat Imam-Imam Afrika. Tarekat yang didirikan didirikan pada tahun 1868 oleh Kardinal Prancis Charles Lavigerie dengan tujuan misi di Afrika.

    “Saya pikir penghargaan itu harus benar-benar diberikan kepada Misionaris Afrika, Serikat tempat saya berasal, karena telah mengizinkan saya untuk memiliki formasi yang diperlukan untuk layanan ini yang saya laksanakan pertama kali dalam kerangka kerja Institut Kepausan untuk Studi Arab dan Islam, dan kemudian ke Tahta Suci, kepada Paus St. Yohanes Paulus II yang, pada tahun 1987, mengangkat saya sebagai sekretaris Sekretariat untuk Non-Kristen (seperti dulu) dan kemudian pada tahun 2002 menunjuk saya presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama (seperti yang telah terjadi).”

    Daftar penghargaan yang mengakui kontribusi kepada masyarakat Inggris diterbitkan dua kali setahun: di Tahun Baru dan pada hari ulang tahun resmi ratu di bulan Juni. Kehormatan ini termasuk gelar ksatria, serta penunjukan ke Ordo Kerajaan Inggris, yang memiliki tiga kelas: Komandan (CBE), Perwira (OBE), dan Anggota (MBE). CBE adalah penghargaan dengan peringkat tertinggi dari ketiganya, diikuti oleh OBE dan MBE.

    Tokoh Katolik lain yang mendapat anugerah sama oleh ratu pada 31 Desember adalah Tony Blair, perdana menteri Inggris dari 1997 hingga 2007. Blair, yang diterima ke dalam Gereja setelah dia tidak lagi menjadi perdana menteri, diangkat sebagai Pendamping Ksatria dari Ordo Garter Paling Mulia , ordo ksatria paling senior.

    Fitzgerald bukanlah kardinal Inggris pertama yang diberi kehormatan oleh ratu. Pada bulan Juni 1999, ia mengangkat Kardinal Basil Hume ke dalam Ordo Merit yang bergengsi, yang dibatasi untuk 24 pemegang yang masih hidup. Kardinal Hume adalah Uskup Agung Westminster saat itu, meninggal tak lama kemudian.

    Fitzgerald menjabat sebagai presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama dari 2002 hingga 2006, ketika ia diangkat sebagai nunsius apostolik untuk Mesir. Setelah mengundurkan diri pada 2012, ia memasuki masa pensiun, menetap di Yerusalem dan kemudian di Liverpool.

    Dia menerima topi merah kardinal dari Paus Fransiskus di sebuah konsistori pada tahun 2019. Pada tahun 2020, Kardinal Fitzgerald mendorong umat Katolik untuk mengambil bagian dalam perjuangan di seluruh dunia untuk keadilan rasial setelah kematian George Floyd.

    Dia mengatakan kepada CNA bahwa orang Kristen harus berusaha mendengarkan mereka yang telah mengalami prasangka.

    “Saya pikir penting bagi kita untuk mendengarkan orang dan mencoba memahami, karena sulit untuk berbicara tentang diskriminasi rasial,” katanya.

    Kardinal itu mencatat pada hari Senin bahwa Paus Fransiskus telah menawarkan dorongan kepada umat Katolik yang berusaha untuk memperkuat hubungan dengan para pengikut agama-agama besar dunia lainnya.

    “Paus Fransiskus, dengan tindakan dan ajarannya – Dokumen Persaudaraan Manusia yang ditandatangani bersama dan Fratelli tutti – mendorong kita untuk terus membangun hubungan persaudaraan yang sangat dibutuhkan dunia kita ini,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI