Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Doa Novena Natal, Untuk Pribadi

Ilustrasi Novena Natal

Novena Natal didoakan Sembilan hari berturut-turut sejak tanggal 16 Desember hingga jatuhnya vigili hari Natal di 24 Desember.

Lalu bagaimanakah sebenarnya formulasi Doa Novena Natal ini? Formulasinya sebenarnya diambil dari kitab Mazmur dan bacaan lain pada Perjanjian Lama serta Magnificat. Dalam beberapa literatur, doa Novena Natal ini juga ada yang menggabungkannya dengan tradisi mendaraskan atau menyanyikan “Antifona Tujuh ‘O’” yang ada pada teks doa Brevier pada masa Adven, dan doa ini layaknya didoakan sesudah Minggu ke-3 Adven (Minggu Sukacita). Antifon Tujuh ‘O’ itu adalah suatu bentuk pengagungan kepada Yesus Sang Mesias dan Emmanuel yang dijanjikan dengan gelar-gelarnya, yaitu:

(1) “O Sapientia” atau “Ya Kebijaksanaan”

(2) “O Adonai” atau “Ya Tuhan”

(3) “O Radix Jesse” atau “Ya Tunas Isai”

(4) “O Clavis David” atau “Ya Kunci Daud”

(5) “O Oriens” atau “Ya Bintang Fajar”

(6) “O Rex Gentium” atau “Ya Raja Segala Bangsa”

(7) “O Emmanuel” atau “Ya Tuhan Beserta Kita”.

Dari kesemua suku huruf awal yang tercetak tebal miring sesudah “O” itu bila dirangkai dari belakang, maka akan membentuk kalimat: “ERO CRAS!” yang seolah-olah merupakan jawaban Tuhan Yesus atas seruan doa-doa kita dengan arti dari kalimat tersebut adalah: “Besok, Aku akan Datang!”

Novena Natal umumnya didoakan bersama di Gereja mulai hari ini dengan rangkaian doa yang lebih Panjang. Pada kesempatan ini dicantumkan Doa Novena yang dapat didoakan secara pribari.

(Semoga masa Adven ini memberi kita pelajaran iman, “Indahnya suatu penantian akan Tuhan”)

Novena Natal (Pribadi)

ALLAH BAPA Yang Mahakasih, terberkatilah saat PUTERA ALLAH dilahirkan dari Perawan Tersuci di sebuah kandang di Betlehem, di tengah malam yang dingin mencekam. Demi saat anugerah agung mulia ini, aku bersyukur kepada-MU, dan sekaligus pasrah diri sambil memohon kepada-MU, ya ALLAH, sudilah mendengarkan doa syukurku, dan kabulkanlah kiranya permohonanku (…….). Dengan pengantaraan YESUS KRISTUS dan Bunda Maria Tersuci serta Santo Yosef, ayah angkat-NYA yang Kudus dan setia. Amin.  

BAPA Kami……

Salam Maria…….

Kemuliaan …. 1X.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini