32.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Suster yang Berlutut di Hadapan Tentara Myanmar, Masuk 100 Wanita Berpengaruh Versi BBC

BERITA LAIN

More
    Suster Ann Rose Nu Tawng berlutut di hadapan tentara Myanmar yang menembaki para demonstran. IST

    YANGON, Pena Katolik – Suster Ann Rose Nu Tawng, biarawati terkenal yang berlutut dari negara bagian Kachin yang dilanda konflik di Myanmar yang menghadapi pasukan keamanan dengan keberanian dan keberanian, termasuk di antara daftar 100 wanita berpengaruh dan inspiratif tahun ini versi BBC.

    Di situs BBC, sebuah foto menunjukkan dia mengenakan pakaian putih dan cadar dari jemaat St. Francis Xaverius. Dia terpilih bersama dengan peraih nobel, professor, dan politisi.

    Suster Nu Tawng mengilhami orang-orang di seluruh dunia dengan tindakannya yang tak kenal takut berdiri di antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa muda yang tidak bersenjata selama penumpasan militer pada bulan Februari dan Maret.

    Biarawati itu berlutut di depan personel keamanan, memohon kepada mereka untuk tidak menembak warga sipil yang tidak bersenjata ketika pasukan keamanan bersiap untuk menindak pengunjuk rasa di Myitkyina, ibu kota negara bagian Kachin.

    “Tembak saja saya jika Anda mau,” kata biarawati Kachin, menambahkan bahwa “para pengunjuk rasa tidak memiliki senjata dan mereka hanya menunjukkan keinginan mereka secara damai.”

    Gerakan ikonik dari biarawati Kachin menjadi berita utama ketika foto-fotonya diterbitkan saat dia berlutut di depan polisi, melindungi pengunjuk rasa yang damai dan mengulurkan tangannya memohon polisi untuk tidak menembak atau melukai siapa pun.

    “Saya telah mempersiapkan diri saya bahwa saya akan memberikan hidup saya untuk Gereja, untuk orang-orang dan untuk bangsa,” kata Suster Nu Tawng.

    Tindakan berani Suster Nu Tawng dalam menghadapi pasukan keamanan menjadi viral pada akhir Februari ketika dia dipuji di seluruh dunia sebagai ikon perdamaian. Tindakannya yang berani juga mendapat perhatian Paus Fransiskus, yang mengatakan pada bulan Maret.

    “Saya juga berlutut di jalan-jalan Myanmar dan berkata, ‘Hentikan kekerasan.’ Saya juga merentangkan tangan dan berkata, ‘Beri jalan. untuk dialog.’”

    Biarawati berusia 45 tahun itu mengatakan, “Saya telah mempersiapkan diri saya bahwa saya akan memberikan hidup saya untuk Gereja, untuk orang-orang dan untuk bangsa. Saya seorang biarawati Katolik tetapi saya juga warga negara Myanmar, jadi saya memiliki perasaan yang sama dengan orang-orang Myanmar. Saya selalu memikirkan bagaimana saya bisa membantu rakyat Myanmar.”

    BBC mengatakan biarawati itu menjadi simbol protes Myanmar setelah kudeta 1 Februari ketika dia berlutut di depan polisi untuk menyelamatkan pengunjuk rasa yang berlindung di gerejanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI