26.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Tiongkok Percepat Sinkronisasi Gereja Katolik

BERITA LAIN

More
    Umat Katolik di salah satu paroki di Hubei. Satu Harapan

    BEJING, Pena Katolik – Umat ​​Katolik didorong untuk mematuhi prinsip ‘satu arah, satu jalan dan satu bendera’ dari Partai Komunis Tiongkok. Pemerintah komunis Tiongkok tampaknya mempercepat proses Sinkronisasi Gereja Katolik untuk menerapkan dalam semangat dan tindakan kebijakan Partai Komunis Tiongkok(PKC) yang diajukan oleh Presiden Xi Jinping.

    Dua peristiwa baru-baru ini di Provinsi Shandong dan Hebei, yang diselenggarakan oleh Konferensi Waligereja Tiongkok (BCCCC) dan Asosiasi Patriotik Katolik Tiongkok (CCPA) yang dikendalikan negara, menyoroti ketersediaan para pemimpin Gereja untuk menerapkan kebijakan Sinkronisasi PKC.

    Dalam pengertian akademisnya, sinkronisasi agama mengacu pada pempribumian keyakinan, praktik, dan ritual keagamaan dalam budaya dan masyarakat Tiongkok, menurut Gerakan Lausanne.

    Namun, pada kenyataannya, Tindakan ini didasarkan pada ideologi politik yang mendalam yang bertujuan untuk memberlakukan aturan ketat pada masyarakat dan institusi berdasarkan nilai-nilai inti sosialisme, otonomi dan mendukung kepemimpinan PKC.

    Pada 24 Februari, umat Katolik dari dua Gereja di Kota Zibo di Provinsi Shandong menghadiri sebuah acara yang disebut “Seratus Khotbah” yang berusaha menjelaskan instruksi Presiden Xi tentang kegiatan keagamaan, promosi Sinkronisasi di Gereja dan bagaimana beradaptasi dengan masyarakat sosialis, menurut laporan di situs web BCCCC.

    Sebanyak 30 anggota Gereja dan imam menghadiri acara di Gereja Zhangdian di Zibo di mana Mgr. Joseph Yang Yongqiang, uskup yang disetujui Vatikan dan wakil ketua BCCCC, menyampaikan pidato. Imam mengakhiri pidatonya dengan menyerukan agar umat Katolik Tiongkok meneruskan warisan para pemimpin perintis seperti Uskup Zong Huaide

    Pastor Wang Yutong, Wakil Direktur dan Sekretaris Jenderal Asosiasi Patriotik Katolik Zibo, membuat presentasi berjudul “Pengalaman Pribadi Sinkronisasi Gereja” berdasarkan pengalamannya selama 30 tahun dalam pengelolaan paroki, penginjilan dan kegiatan sehari-hari melalui asosiasi.

    Imam mengakhiri pidatonya dengan menyerukan agar umat Katolik Tiongkok meneruskan warisan para pemimpin perintis seperti Mgr. Zong Huaide dan mengikuti prinsip-prinsip “satu arah, satu jalan, satu bendera” — untuk mematuhi sinkronisasi agama, jalan kemerdekaan dan gereja yang dikelola sendiri, dan bendera patriotisme dan cinta untuk agama.

    Presentasi tersebut mendapat tepuk tangan dari para hadirin. Mgr. Yang memuji Pastor Wang atas pidato inspirasinya dan mendesak anggota Gereja dan imam untuk mematuhi prinsip-prinsip “satu arah, satu jalan dan satu bendera”.

    Sementara itu, 18 anggota kunci PKC dari berbagai provinsi dan kota mengunjungi desa Xibaipo, sebuah situs revolusioner komunis terkemuka di kota Shijiazhuang di provinsi Hebei mulai 9 September. 27-29.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI