Sabtu, Juli 27, 2024
33.4 C
Jakarta

Paus Fransisku Berdoa Bersama Orang Miskin di Assisi, Orang Kristen Didesak untuk Mengulurkan Tangan

Paus Fransiskus bertemu dengan sebuah keluarga peziarah di Assisi. (Vatican News)

ASSISI, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengunjungi kota Assisi di Italia untuk berbicara dan berdoa dengan orang miskin. Ia mendesak semua orang Kristen untuk mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan bantuan.

Paus Fransiskus memulai kunjungan ke Kota Assisi di Italia, jumat 12 November 2021. Ia juga melakukan kunjungan tak terduga ke Biara Clares yang Miskin, di mana ia bertemu secara pribadi dengan para biarawati yang melayani Gereja dalam doa.

Dia kemudian pergi ke Basilika St. Maria Angela di mana seorang miskin menghadiahinya tongkat dan mantel peziarah, untuk menunjukkan bahwa semua yang hadir adalah peziarah di Kota Santo Fransiskus Assisi.

Paus kemudian mengadakan percakapan dengan sekitar 500 orang miskin yang berasal dari berbagai negara Eropa. Banyak dari mereka adalah tunawisma, pengangguran, atau migran. Perjalanan itu dilakukan tepat sebelum perayaan Hari Orang Miskin Sedunia ke-5 pada hari Minggu. Pertemuan dilanjutkan dengan istirahat setengah jam di mana mereka yang hadir ditawari makanan ringan yang lezat.

Paus Fransiskus dan orang-orang miskin itu lalu kembali ke Basilika St Fransiskus Assisi untuk kebaktian doa yang diisi dengan himne dan Sabda Allah. Membuka kebaktian, Paus mengenang bagaimana begitu banyak orang kudus—termasuk St. Fransiskus, St. Clare, dan Beato Carlo Acutis, semuanya terkait erat dengan Assisi—telah mengabdikan hidup mereka kepada orang miskin dan paling terlantar, mengikuti suara Tuhan.

Dia berdoa agar setiap orang dapat “memperbarui kesediaan kita untuk mendedikasikan tahun depan ini juga untuk melayani mereka yang paling membutuhkan.”

Menjelang doa Bapa Kami, Paus Fransiskus mengatakan Yesus mengingatkan murid-murid-Nya dalam Injil Markus (14:3-9) bahwa kita akan selalu memiliki orang miskin, “dengan siapa kita harus saling berbagi makanan sehari-hari”, dan bahwa kita tidak boleh mati rasa karena kehadiran mereka.

Paus berdoa kepada Tuhan agar “kebebasan dan roti yang Anda berikan tidak akan pernah kurang, dan agar kita semua belajar memberi dengan cara Dia yang memberikan diri-Nya sendiri.”

Dia kemudian mengulurkan tangannya untuk memberkati orang miskin dan sukarelawan yang berkumpul di Assisi, dan berdoa:

Berbicara kepada Vatican News tentang kunjungan itu, Uskup Agung Assisi, Mgr. Domenico Sorrentino, memuji Paus karena memberi “kita yang miskin sebagaimana mereka dilihat melalui mata Kristus.”

“Cinta kita kepada mereka yang paling membutuhkan harus diubah menjadi sikap yang konsisten,” katanya. “Amal harus menjadi dedikasi kami yang terus-menerus.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini