30.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Uskup Anglikan yang Akhirnya Masuk Katolik

BERITA LAIN

More
    Uskup Michael Nazir-Ali. (Dok. The article)

    MONZA, Pena Katolik – Uskup Anglikan terkemuka yang pernah dianggap sebagai Uskup Agung Canterbury telah menjadi seorang Katolik. Uskup Michael Nazir-Ali, mantan uskup Rochester, Inggris, diterima di Gereja Katolik pada 29 September. Ia akan ditahbiskan menjadi imam Katolik pada akhir bulan ini.

    Langkah Romo Nazir-Ali menyusul pengunduran diri Uskup Jonathan Goodall dari Ebbsfleet, Inggris, bulan lalu, untuk menjadi seorang Katolik. Nazir-Ali, 72, bergabung dengan Ordinariat Pribadi Our Lady of Walsingham, sebuah komunitas mantan Anglikan yang telah menyatakan kesetiaan mereka kepada Roma.

    Ordinariat mengatakan “dengan senang hati mengumumkan” bahwa Nazir-Ali “diterima ke dalam persekutuan penuh Gereja Katolik” oleh Mgr. Keith Newton, kepala Ordinariat. “Dengan izin Takhta Suci, dia akan ditahbiskan menjadi imam Katolik untuk Ordinariat pada waktunya.”

    Ordinariat tersebut didirikan oleh Paus Benediktus XVI pada tahun 2011 untuk memungkinkan umat Anglikan memasuki Gereja Katolik sebagai kelompok, dan untuk melakukannya tanpa meninggalkan tradisi dan warisan Anglikan mereka. Nazir-Ali mengatakan kepada BBC bahwa Ordinariat “menyatukan hubungan ini dengan Gereja Katolik yang lebih luas tetapi juga memungkinkan kita untuk melanjutkan cara ibadat, khotbah, dan studi Anglikan kita.”

    Banyak mantan Anglikan yang bergabung dengan Ordinariat adalah pendeta yang sudah menikah, dan Nazir-Ali tidak terkecuali. Dia dan istrinya, Valerie, telah menikah selama 49 tahun dan memiliki dua putra.

    Tradisi kerasulan

    Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia melihat kepindahannya ke Gereja Katolik sebagai “pemenuhan keinginan Anglikan … untuk setia pada ajaran para Rasul, para Bapa Gereja, apa yang diajarkan Konsili kuno.” Sementara ada “banyak kebajikan” dalam Anglikanisme, seperti keindahan dalam ibadah, studi Alkitab, dan “komitmen pastoral untuk seluruh komunitas daripada hanya jemaat.”

    “Gereja Inggris juga diganggu oleh kurangnya rasa memiliki pada badan universal di seluruh dunia, di mana keputusan yang mempengaruhi setiap orang diambil oleh semua orang dan tidak secara sepihak oleh satu bagian Gereja atau bagian lain,” katanya.

    Ia menyesali fakta bahwa Gereja Anglikan telah menjadi “pecah” kumpulan Gereja yang lepas, banyak di antaranya memiliki interpretasi yang bertentangan tentang Kekristenan. Bahkan ketika Gereja berhasil menyepakati banyak hal, keputusan ini tampaknya tidak membawa banyak bobot – orang-orang pergi dan melakukannya dengan cara mereka sendiri.”

    Dewan dan sinode Gereja “diresapi oleh para aktivis yang masing-masing memiliki isu tunggal, agenda yang sering kali iseng, entah itu tentang kebenaran budaya, ‘perubahan iklim’, politik identitas, multikulturalisme, yang sebenarnya mendorong masyarakat untuk hidup terpisah, atau teori kritis tentang ras, agama dan gender. Sebuah teori neo-Marxis yang dikembangkan untuk menciptakan konflik dengan membagi orang menjadi korban dan penjahat.

    “Terlalu sering saya merasa sendirian, bertentangan dengan Gereja. Terkadang lebih baik memiliki angin di belakang Anda daripada terus-menerus berjuang melawannya.”

    Dia berpendapat bahwa Gereja perlu berbuat lebih banyak untuk membela orang-orang Kristen di seluruh dunia.

    “Saya telah bekerja dengan orang-orang Kristen yang dianiaya di negara-negara termasuk Irak, Iran, Pakistan, dan Suriah dan terlibat erat dalam kasus Asia Bibi, wanita Kristen yang dituduh melakukan penistaan ​​agama dan dijatuhi hukuman mati di Pakistan,” katanya.

    Sementara Gereja Inggris “tidak terlalu vokal” dalam kasus Bibi, Gereja Katolik memainkan peran utama dalam mengamankan pembebasannya.

    “Mudah-mudahan, menjadi seorang Katolik Biasa akan memungkinkan saya untuk mendukung orang-orang Kristen yang lebih dekat ke rumah yang terpinggirkan dan diburu oleh totalitarianisme liberal yang menuntut konsensus total,” katanya.

    “Saya terus-menerus terlibat dalam situasi di mana orang kehilangan pekerjaan karena kepercayaan Kristen mereka – pencatat yang tidak ingin mendaftarkan pernikahan bertentangan dengan hati nurani mereka, bidan yang tidak ingin mengambil bagian dalam aborsi atau perawat yang dipecat karena memakai pakaian. sebuah salib.”

    Dari negeri yang jauh

    Lahir di Karachi, Pakistan, pada tahun 1949, dari keluarga yang memiliki anggota Muslim dan Kristen, Michael James Nazir-Ali bersekolah di sekolah Katolik dan Misa Katolik saat masih muda. Dia mulai mengidentifikasi diri sebagai seorang Kristen pada usia 15 tahun dan secara resmi diterima di Gereja Anglikan lima tahun kemudian.

    Ditahbiskan menjadi imam Anglikan pada tahun 1976, setelah belajar di Cambridge dan Oxford, ia melayani pertama kali di Karachi dan Lahore. Pada tahun 1984, ia diangkat menjadi uskup Raiwind di Punjab Barat.

    Ketika hidupnya dalam bahaya di Pakistan, Uskup Agung Canterbury Robert Runcie saat itu mengatur perlindungannya di Inggris. Uskup muda itu menjadi asisten Uskup Agung Canterbury di Lambeth dan menjadi sekretaris umum Lembaga Misi Gereja 1989–1994. Pada tahun 1994, ia diangkat menjadi Uskup Rochester, Inggris, dan pada tahun 1999 memasuki House of Lords sebagai salah satu “Lords Spiritual” karena keahliannya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI