28.3 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Data Pembunuhan para Imam tahun 2020-2021

BERITA LAIN

More
    Romo Oliver Maire MM dibunuh bulan lalu oleh seseorang yang ia tolong. (Ist)

    NEW YORK, Pena Katolik – Pembunuhan seorang imam Prancis sebulan lalu adalah yang terbaru dalam sejumlah pembunuhan imam di seluruh dunia. Romo Olivier Maire dibunuh di Gereja Saint-Laurent-sur-Svre, sebuah di provinsi Vendée, Prancis. Romo Maire adalah Provinsial Kongregasi Misionaris Montfort Perancis.

    Tersangka pembunuhan yang menyerahkan diri ke polisi, Emmanuel Abayisenga, 40 tahun, adalah pria Rwanda yang juga didakwa melakukan pembakaran di katedral Nantes pada 2020. Sebelumnya, Abayisenga juga bertemu Paus Fransiskus dalam audiensi 2016 di Vatikan. Foto 11 November 2016 yang pertama kali diterbitkan oleh surat kabar Katolik Prancis La Croix menunjukkan Abayisenga menyapa Paus Fransiskus.

    Pembunuhan Romo Maire juga terjadi lima tahun setelah imam Prancis lainnya, Romo Jacques Hamel, dibunuh dalam serangan teroris saat merayakan Misa di kota Saint-Étienne-du-Rouvray di Prancis utara, dan peringatan lima tahun kematiannya baru-baru ini diperingati pada 26 Juli. Para penyerangnya dalam kasus itu terkait dengan operasi ISIS yang berbasis di Suriah.

    Paus Fransiskus telah membebaskan masa tunggu lima tahun bagi penyelidikan Romo Hamel untuk beatifikasi, merujuk padanya pada tahun 2016 sebagai “bagian dari rantai para martir ini.” Para imam lainnya dibunuh di seluruh dunia pada tahun 2020 dan 2021.

    Kongregasi Misi Kepausan, didapatkan data terdapat 20 misionaris Katolik dibunuh pada tahun 2020, termasuk delapan imam, tiga religius wanita, satu religius pria, dua seminaris, dan enam umat awam. Agenzia Fides melaporkan bahwa banyak misionaris tewas dalam “percobaan perampokan dan perampokan.”

    Di antara para korban itu adalah Romo Jozef Hollanders, O.M.I., tewas dalam perampokan di Afrika Selatan, serta Fr. Roberto Malgesini, seorang imam Italia yang dikenal karena pelayanannya kepada para tunawisma dan migran.

    Romo Malgesini ditikam sampai mati pada 15 September 2020, di kota Como, Italia utara. Pria yang mengaku membunuh dan menyerahkan diri ke polisi, seorang pria berusia 53 tahun dari Tunisia, dikenal oleh Malgesini dan menderita beberapa penyakit mental. Dia tidur di tempat penampungan tunawisma yang dikelola paroki.

    Dalam beberapa tahun terakhir, para imam dan seminaris Nigeria telah menjadi sasaran penculikan dan pembunuhan pada tingkat yang tinggi. Pada bulan Mei, dua imam diculik dari sebuah paroki di Keuskupan Sokoto, dan seorang ditemukan terbunuh. Pada bulan Maret, seorang imam dan setidaknya enam lainnya dibunuh oleh orang-orang bersenjata yang menyerang sebuah gereja di negara bagian Benue, Nigeria.

    Sebelumnya pada tahun 2021, Romo John Gbakaan dari Keuskupan Minna diculik oleh orang-orang bersenjata pada 15 Januari saat bepergian di negara bagian Niger. Mayatnya ditemukan sehari kemudian pada 16 Januari.

    Satu tahun sebelumnya, empat seminaris diculik oleh orang-orang bersenjata dari Seminari Gembala Baik di negara bagian Kaduna pada 8 Januari 2020. Beberapa minggu kemudian pada 1 Februari 2020, Uskup Matthew Hassan Kukah mengumumkan salah satu seminaris – berusia 18 tahun Michael Nnadi – telah dibunuh oleh orang-orang bersenjata.

    Para imam dan uskup lain telah diculik di Nigeria dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Uskup Moses Chikwe, uskup auksilier Owerri, yang diculik pada 27 Desember 2020 dan dibebaskan beberapa hari kemudian pada 1 Januari.

    Di tempat lain, para imam dibunuh di Meksiko dan Angola. Pada Juni 2021, imam Fransiskan Juan Antonio Orozco Alvarado, dari Prelatur Nayar, terbunuh di negara bagian Durango, Meksiko, oleh baku tembak antara kartel-kartel yang bersaing.

    Pada bulan Maret 2021, imam Kolombia Manuel Ubaldo Jáuregui Vega ditikam dengan fatal di Angola ketika dia berada di sana untuk pekerjaan misionaris.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI