Seruan Gereja Eropa untuk Penanganan Krisis Afghanistan

0
956
Pengungsi Afghanistan. (Dok. Vatican News)

ROMA, Pena Katolik – Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Konferensi Waligereja Uni Eropa (COMECE) dan Konferensi Gereja-Gereja Eropa (CEC), kedua badan tersebut mengungkapkan keterkejutan mereka dalam menerima laporan dari Afghanistan. Laporan itu menunjukkan penderitaan dan ketidakberdayaan penduduk Afghanistan. Mereka tengah menghadapi kesusahan dan ketakutan eksistensial.

Presiden COMECE, Kardinal Jean-Claude Hollerich dan Presiden CEC, Pendeta Christian Krieger dalam pernyataan itu mengungkapkan keprihatinan khusus bagi mereka yang masih membutuhkan evakuasi, serta bagi anggota kelompok rentan, yang tetap berada pada risiko besar kehilangan kesempatan dan menghadapi potensi perlakuan buruk. Pada saat yang sama, keduanya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam upaya evakuasi dan kemanusiaan, meskipun dalam kondisi keamanan yang genting.

“Kami ingin mengungkapkan solidaritas mendalam kami dengan orang-orang Afghanistan yang menderita, khususnya dengan perempuan, anak perempuan, anak-anak, dan orang-orang cacat, di antara orang-orang rentan lainnya”.

Panggilan untuk perdamaian

COMECE dan CEC menulis bahwa mereka mengimbau “semua pihak untuk bekerja tanpa henti untuk perdamaian melalui dialog dan menghormati supremasi hukum dan hak asasi manusia yang mendasar bagi semua. Mereka terus menyampaikan seruan mereka kepada komunitas internasional untuk melindungi orang-orang yang menjadi sasaran penindasan dan yang hidupnya terancam. Mereka mendorong masyarakat sipil, pembela hak asasi manusia, jurnalis, artis, dan anggota etnis dan minoritas seksual, serta sebagai orang Kristen dan komunitas agama lainnya untuk peduli pada masa depan Afghanistan.

Kedua pemimpin Gereja itu lalu menambahkan seruan mereka untuk meningkatkan perlindungan bagi semua personel yang dievakuasi dan mereka yang terlibat dalam organisasi kemanusiaan. Mereka mendesak Uni Eropa untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan di negara itu.

Pernyataan itu selanjutnya mencatat bahwa mungkin ada gelombang besar pengungsi Afghanistan di negara-negara tetangga dan sekitarnya.

“Dalam krisis ini, kami mendesak Uni Eropa dan Negara Anggotanya untuk memimpin upaya solidaritas bersama dan terkoordinasi yang dilakukan oleh masyarakat internasional untuk membantu warga Afghanistan melarikan diri dari kekerasan dan teror”, bunyi pernyataan itu.

Sudah saatnya, tulis kedua Presiden, untuk menunjukkan kemanusiaan di tengah kekejaman yang dihadapi oleh warga Afghanistan, untuk membuktikan bahwa nilai-nilai UE bukanlah retorika kosong tetapi merupakan prinsip panduan praktis yang mengarah pada tindakan berdasarkan standar etika, di luar politik belaka. atau pertimbangan ekonomi.

Keputusan tentang Masa Tinggal Pengungsi

Keputusan terkait dengan masa tinggal para migran “harus dibuat dengan pertimbangan oleh Uni Eropa dan Negara-negara Anggotanya. Kebijakan ini untuk menerapkan nilai-nilai dasar inti UE, menjunjung tinggi komitmen mereka terhadap Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia dan Konvensi Jenewa.

Mengakhiri pernyataan tersebut, Kardinal Hollerich dan Pendeta Krieger menekankan bahwa Gereja ingin mengundang semua umat beriman untuk berdoa kepada Tuhan. Doa ini untuk  memohon agar Afghanistan dapat menemukan stabilitas dan perdamaian sesuai dengan penghormatan terhadap martabat manusia. Sambil mengutuk terorisme dalam segala bentuk dan ekspresinya, kami mengingat dalam doa kami para korban serangan teror baru-baru ini dan keluarga mereka.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here