Bahasa Isyarat
Saluran Youtube Berita Vatikan dengan bahasa isyarat

“Guna meneruskan iman, saya tegaskan kembali perlunya menyediakan sarana yang sesuai dan bisa diakses. Saya juga berharap ini bisa tersedia bagi orang-orang yang membutuhkan, semaksimal mungkin tanpa biaya, juga melalui teknologi baru yang terbukti sangat penting bagi semua orang di tengah pandemi ini.”

Seruan itu disampaikan Paus Fransiskus dalam Pesan untuk Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2020. Dan, menanggapi seruan itu, Dikasteri untuk Komunikasi Tahta Suci sedang memulai Proyek “No one left out” (Tidak ada yang ditinggalkan), yang bertujuan memberikan akses bagi orang yang alami gangguan komunikasi untuk mengikuti katekese Audiensi Umum serta Angelus atau Regina Coeli.

Layanan ini gratis dan dapat diakses melalui saluran YouTube Berita Vatikan. Secara khusus, saluran langsung untuk terjemahan LIS (Bahasa Isyarat Italia) akan tersedia, selain layanan subtitle https://e.va/lis serta saluran yang direkam sebelumnya untuk terjemahan ASL (Bahasa Isyarat Amerika)  https://e.va/asl

Proyek, yang akan diluncurkan bersama Pesan Paskah Urbi et Orbi, Minggu, 4 April itu bersifat eksperimental dan akan berlangsung satu tahun, dengan harapan akan menjadi layanan reguler dan tersedia juga dalam bahasa lain. Bersama saluran YouTube yang didedikasikan untuk orang-orang dengan gangguan komunikasi, dalam beberapa bulan ke depan akan disediakan aplikasi untuk penyandang disabilitas sensorik. Tujuannya agar mereka bisa menikmati konten media Vatikan dengan cara lebih integral, dengan perhatian khusus bagi tunanetra, dan orang yang mengalami gangguan komunikasi. Terjemahan bahasa isyarat dan teks film akan dikoordinasikan oleh Suster Veronica Donatello, yang bertanggung jawab atas pelayanan nasional reksa pastoral penyandang disabilitas dari Konferensi Waligereja Italia.

Proyek itu terwujud berkat kerja sama dan dukungan ekonomi Institut Tunarungu Pius di Milan, CBM Italia (Misi Buta Kristen Cabang Milan yang mencegah dan mengobati kebutaan di negara-negara berkembang seluruh dunia), Freunde von Radio Vatikan (Sahabat-Sahabat Radio Vatikan) dan Pusat Tunarungu Santo Fransiskus Borgia di Chicago.

Untuk Paskah 2020, bekerja sama dengan Tv2000, terjemahan Bahasa Isyarat untuk perayaan Tri Hari Suci juga akan tersedia di saluran YouTube lis dalam Bahasa Isyarat Italia.(PEN@ Katolik/paul c pati/Vatican News)

Tinggalkan Pesan