Intensi Doa 2022

Intensi doa dipercayakan kepada Jaringan Doa Sedunia Paus, yang resmi didirikan oleh Paus Fransiskus sebagai karya kepausan 17 November 2020. Jaringan Doa Sedunia Paus adalah karya kepausan dengan misi memobilisasi umat Katolik melalui doa dan tindakan, dalam menghadapi tantangan yang dihadapi umat manusia dan misi Gereja. Tantangan-tantangan itu ditangani dalam bentuk intensi doa yang dipercayakan Paus kepada seluruh Gereja. Misinya tertulis dalam dinamika Hati Yesus: misi belas kasih bagi dunia.

Jaringan yang sebelumnya dikenal sebagai Apostleship of Prayer (Kerasulan Doa) itu lahir sebagai inisiatif Jesuit tahun 1844 di sebuah rumah bina bagi Jesuit muda di Vals, selatan Prancis. Pastor Francis Xavier Gautrelet SJ, pembimbing spiritual para remaja putra, menyarankan kepada mereka cara menjadi para rasul dan misionaris dalam kehidupan sehari-hari dengan mempersembahkan kepada Tuhan segala sesuatu yang mereka lakukan dan berupaya ada bagi Yesus guna melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik.

Semangat inisiatif spiritual itu menyebar jauh dan luas di Gereja Katolik dan tahun 1890, Paus Leo XIII mempercayakan intensi doa bulanannya kepada Apostleship of Prayer, dan menugaskan tugas menjalankan jaringan itu bagi para Jesuit. Tahun 1915, lahir seksi orang muda, Eucharistic Crusade, yang kini dikenal sebagai Eucharistic Youth Movement.

Tahun 2016, Paus Fransiskus mengganti nama Apostleship of Prayer menjadi Jaringan Doa Sedunia Paus. Paus naikkan statusnya jadi karya kepausan tahun 2018 dan menjadikannya sebagai sebuah Yayasan Vatikan dengan status kanonik dan yuridis tahun 2020. Jaringan dengan markas besarnya di Jesuit Kota Vatikan itu terus dipimpin oleh para Jesuit.

Beberapa tahun terakhir, Jaringan itu mempopulerkan intensi doa bulanan Paus melalui Video Paus. Kini jaringan itu ada 98 negara dengan lebih dari 35 juta anggota Katolik.

Di bawah ini, silakan temukan intensi doa Bapa Suci untuk tahun 2022:

JANUARI
Untuk persaudaraan manusia sejati
Kami berdoa untuk semua yang menderita diskriminasi dan penganiayaan agama. Semoga diakui hak dan martabat mereka, yang berpangkal persaudaraan dalam keluarga manusia.

FEBRUARI
Untuk para suster dan wanita hidup bakti
Kami berdoa untuk para suster dan wanita hidup bakti, seraya berterima kasih atas misi dan keberanian mereka. Semoga mereka terus menemukan tanggapan baru terhadap tantangan-tantangan zaman kita.

MARET
Untuk tanggapan Kristen terhadap tantangan-tantangan bioetika
Kami berdoa bagi umat Kristen yang menghadapi tantangan bioetika baru. Semoga mereka terus mempertahankan martabat seluruh kehidupan manusia dengan doa dan aksi.

APRIL
Untuk para perawat kesehatan
Kami berdoa untuk petugas kesehatan yang melayani orang sakit dan orang tua, terutama di negara termiskin. Semoga mereka cukup didukung oleh pemerintah dan masyarakat lokal.

MEI
Untuk orang muda yang penuh iman
Kami berdoa untuk semua orang muda, yang dipanggil untuk menjalani hidup sepenuhnya. Semoga mereka melihat dalam kehidupan Maria cara untuk mendengarkan, kedalaman untuk mencermati, keberanian yang dihasilkan oleh iman, dan dedikasi untuk melayani.

JUNI
Untuk keluarga
Kami berdoa untuk keluarga Kristen di seluruh dunia. Semoga mereka menambahkan dan mengalami cinta tanpa syarat dan semakin kudus dalam kehidupan sehari-hari mereka.

JULI
Untuk lansia
Kami berdoa untuk para lansia, yang menggambarkan akar dan ingatan suatu bangsa. Semoga pengalaman dan kebijaksanaan mereka membantu orang muda untuk melihat ke masa depan dengan harapan dan tanggung jawab.

AGUSTUS
Untuk usaha kecil
Kami berdoa untuk usaha kecil dan menengah. Semoga di tengah krisis ekonomi dan sosial, mereka menemukan cara untuk terus beroperasi, dan melayani komunitas mereka.

SEPTEMBER
Untuk penghapusan hukuman mati
Kami berdoa agar hukuman mati yang menyerang martabat manusia, bisa dihapuskan secara hukum di setiap negara.

OKTOBER
Untuk Gereja yang terbuka untuk semua orang
Kami berdoa untuk Gereja. Semoga dengan senantiasa setia, dan berani memberitakan Injil, Gereja menjadi komunitas solidaritas, persaudaraan dan penyambutan, yang senantiasa hidup dalam suasana sinodalitas.

NOVEMBER
Untuk anak-anak yang menderita
Kami berdoa untuk anak-anak yang menderita, terutama tunawisma, yatim piatu, dan korban perang. Semoga mereka mendapat jaminan untuk pendidikan dan kesempatan untuk mengalami kasih sayang keluarga.

DESEMBER
Untuk organisasi nirlaba sukarela
Kami berdoa agar organisasi-organisasi nirlaba sukarela yang berkomitmen pada pengembangan manusia menemukan orang-orang yang berdedikasi untuk kebaikan bersama dan tanpa henti mencari jalan baru menuju kerja sama internasional.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan