Pesta Orang Kudus Februari

Meskipun secara tradisional bulan Februari didedikasikan oleh Gereja Katolik untuk Keluarga Kudus, pada kenyataannya bulan ini adalah bulan saat kita dengan mudah berhadapan dengan tema melayani orang sakit dan menderita, karena dalam bulan ini ada tiga pesta saat umat boleh memohon perhatian ilahi dari Allah bagi mereka yang menderita penyakit fisik, pesta yang fokusnya meringankan penyakit fisik.

Pesta Santo Blasius – 3 Februari
Selama berabad-abad Gereja telah melakukan pemberkatan tenggorokan di hari pestanya, 3 Februari. Pemberkatan ini menghormati sebuah cerita hidupnya, ketika dia mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan seorang anak yang tersedak. Berkat itu juga memohon, “semoga Allah membebaskan Anda dari semua penyakit tenggorokan dan dari semua penyakit lainnya.”

Hari Orang Sakit Sedunia – 11 Februari
Santo Yohanes Paulus II meresmikan hari ini dalam Gereja Katolik tahun 1992 dan menetapkan perayaannya pada 11 Februari, Pesta Penampakan Santa Maria di Lourdes. Alasan mengapa orang kudus itu memilih hari ini adalah karena banyak orang sakit berduyun-duyun ke Lourdes dengan mengharapkan penyembuhan fisik atau spiritual. Banyak orang telah disembuhkan dengan dibenamkan ke dalam air di Lourdes. Tema umum hari ini dijelaskan Santo Yohanes Paulus II dalam homili.

Hari ini, mulai Februari 1993, akan dirayakan setiap tahun pada Pesta Penampakan Santa Maria di Lourdes, karena semua umat beriman mengupayakan ada waktu khusus untuk berdoa dan berbagi, mempersembahkan penderitaan seseorang untuk kebaikan Gereja dan mengingatkan setiap orang untuk melihat dalam diri saudara atau saudari yang sakit wajah Kristus yang, dengan menderita, mati dan bangkit, mencapai keselamatan umat manusia (Surat peresmian Hari Orang Sakit Sedunia, 13 Mei 1992, no. 3). Hari itu juga berupaya melibatkan semua orang yang berkehendak baik. Memang, persoalan-persoalan dasar yang merupakan realitas penderitaan dan seruan untuk memberikan pertolongan jasmani dan rohani bagi orang sakit tidak hanya menjadi kepedulian umat beriman semata, melainkan menantang seluruh umat manusia, ….

Valentine’s Day atau Hari Santo Valentinus – 14 Februari
Menurut beberapa legenda, Santo Valentinus adalah seorang imam-dokter, yang menyembuhkan putri seorang penjaga penjara Romawi. Penyembuhan ajaib ini menyebabkan keluarga itu menjadi Kristen dan akhirnya Valentinus menjadi martir. Menariknya, Santo Valentinus dianggap pelindung terhadap wabah dan pelindung bagi semua orang yang menderita epilepsi.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Philip Kosloski/Aleteia)

Tinggalkan Pesan