Persaudaraan Manusia

Paus Fransiskus akan merayakan Hari Persaudaraan Manusia Internasional, Kamis, 4 Februari, dalam acara virtual dengan tuan rumah Sheikh Mohammed bin Zayed di Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab, dengan partisipasi Imam Besar Al Azhar, Ahmad Al-Tayyeb, Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, dan tokoh-tokoh lainnya.

Pada kesempatan yang sama akan dilakukan penganugerahan “Zayed Award for Human Fraternity” yang terinspirasi oleh Dokumen Persaudaraan Manusia. Pertemuan dan upacara penghargaan akan disiarkan dalam beberapa bahasa mulai pukul 14:30 (waktu Roma) – 13.30 (waktu GMT) oleh Vatican News, portal informasi multimedia Tahta Suci, dan disiarkan oleh Vatican Media.

“Perayaan ini menjawab seruan jelas yang Paus Fransiskus sampaikan kepada seluruh umat manusia untuk membangun kehadiran perdamaian dalam perjumpaan dengan yang lain,” tegas Kardinal Miguel Ángel Ayuso Guixot MCCJ, Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama. “Oktober 2020, undangan itu menjadi semakin hidup dengan terbitnya Ensiklik Fratelli tutti. Pertemuan-pertemuan ini adalah cara untuk mencapai persahabatan sosial sejati, seperti yang diminta Bapa Suci dari kita,” lanjut kardinal.

Tanggalnya bukan suatu kebetulan. Tanggal 4 Februari 2019, dalam Perjalanan Apostolik yang dilakukan Paus ke Uni Emirat Arab, bersama Imam Besar Al-Azhar (Kairo), Ahmad Al-Tayyeb, mereka menandatangani Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama. Paus dan Imam Besar itu menghabiskan hampir setengah tahun untuk menyusun Dokumen ini sebelum mengumumkannya bersama selama kunjungan bersejarah itu.

Beberapa bulan kemudian, Komite Tinggi Persaudaraan Manusia dibentuk untuk menerjemahkan aspirasi-aspirasi Dokumen Persaudaraan Manusia ke dalam keterlibatan berkelanjutan dan aksi-aksi nyata untuk mendorong persaudaraan, solidaritas, rasa hormat, dan saling pengertian. Komite Tinggi itu sedang merencanakan membangun Rumah Keluarga Ibrahim, dengan sinagoga, gereja dan masjid, di Pulau Saadiyat, Abu Dhabi. Sudah dibentuk juri independen untuk menerima nominasi “Zayed Award for Human Fraternity” dan memilih pemenang yang karyanya menunjukkan komitmen seumur hidup untuk persaudaraan manusia. Penghargaan 2021 akan disampaikan tanggal 4 Februari.

Tanggal 21 Desember 2020, Sidang Umum PBB dengan suara bulat menyatakan 4 Februari sebagai Hari Persaudaraan Manusia Internasional. “Dalam fase menentukan dalam sejarah manusia ini, kita berada di persimpangan jalan: di satu sisi, persaudaraan universal tempat umat manusia bersukacita, dan di sisi lain, kesengsaraan akut yang akan meningkatkan penderitaan dan kehilangan orang,” Hakim Mohamed Mahmoud Abdel Salam, sekretaris jenderal Komite Tinggi Persaudaraan Manusia, menggarisbawahi dalam presentasi ensiklik Fratelli tutti, 4 Oktober 2020.

Paus dorong Takhta Suci ikut dalam perayaan Hari Persaudaraan Manusia Internasional di bawah kepemimpinan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama. Dalam Video Paus edisi Januari, “Demi melayani persaudaraan manusia,” Bapa Suci menyoroti pentingnya fokus pada apa yang penting bagi iman semua agama: menyembah Tuhan dan mencintai sesama. “Persaudaraan menuntun kita untuk membuka diri kepada Bapa dari semua orang dan untuk melihat saidara dan saudari dalam diri orang lain, untuk hidup bersama, atau saling mendukung, mencintai, mengetahui,” tegas Paus Fransiskus dalam video itu.

Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama dibentuk tahun 1964 oleh Paus Paulus VI dengan tujuan mengupayakan hubungan dan dialog antara Gereja Katolik dan umat beragama lain. Saat ini dewan itu diketuai oleh Kardinal Miguel Ángel Ayuso Guixot.

Di antara kegiatan utamanya, dewan itu bekerja sama dengan para uskup dan konerebsi-konferensi waligereja tentang hal-hal berkaitan dengan dialog antaragama. Dewan itu mengadakan pertemuan, kunjungan dan konferensi dengan para pemimpin agama lain, dan menerbitkan berbagai materi untuk meningkatkan dialog antara agama yang berbeda.

Komite Tinggi Persaudaraan Manusia terdiri dari berbagai pemimpin agama internasional, cendekiawan dan pemimpin budaya yang terinspirasi oleh Dokumen Persaudaraan Manusia dan berdedikasi untuk berbagi pesan tentang saling pengertian dan perdamaian.

Pekerjaan utama mereka adalah bertindak secara konkrit sesuai aspirasi-aspirasi Dokumen Persaudaraan Manusia dan menyebarkan nilai-nilai saling menghormati dan hidup berdampingan secara damai. Sekretaris Jenderal Komite Tinggi Persaudaraan Manusia adalah Hakim Mohamed Mahmoud Abdel Salam.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Vatikan luncurkan Hari Persaudaraan Manusia Internasional pertama

Tinggalkan Pesan