Fratelli tutti

Mulai 1 Desember 2020, umat beriman bisa lebih mudah mengakses ensiklik Paus Fransiskus berjudul Fratelli tutti tentang persaudaraan dan persahabatan sosial, karena Dikasteri Peningkatan Pengembangan Manusia Integral telah meluncurkan situs web khusus ensiklik itu di beranda dikasteri itu www.humandevelopment.va atau langsung di URL www.fratellitutti.va.

Situs hasil kerja sama dengan Dikasteri Komunikasi itu bertujuan untuk “menyebarkan pesan tentang persaudaraan dan persahabatan sosial dari ensiklik itu, memperdalam dan memperkenalkan semua aspek yang sesuai teks dan magisterium Bapa Suci dalam pengertian ini,” kata dikasteri itu dalam pernyataan 30 November.

Halaman intuitif dan kini mudah dilihat itu dikembangkan dalam tiga bahasa: Inggris, Spanyol dan Italia. Halaman itu berisi banyak sumber daya dalam bahasa lain, termasuk Prancis, Portugis, Arab, dan Cina.

Menu yang terus diperbarui di beranda itu dibagi menjadi beberapa bagian dan berwarna oranye, menyerupai edisi cetak ensiklik itu.

Pertama, “Fratelli tutti,” berisi pengantar umum. Kedua, “The Encyclical,” memberi kemungkinan untuk mendownload teks dari ensiklik itu dalam bahasa yang tersedia, dan untuk melihat kembali konferensi video 4 Oktober yang diadakan di Aula Baru Sinode di Vatikan. Bagian ketiga, “Reflections,” mencakup komentar dan analisis dari pemimpin Dikasteri Pengembangan Manusia Integral, perwakilan Gereja-Gereja lokal, organisasi internasional dan jaringan lain, para ahli dan aktor. Keempat, “News”, berisi artikel, video, dan wawancara terkait Fratelli tutti. “Sumber Daya” yang mengumpulkan infografik dan materi lain untuk studi dan refleksi mendalam seperti “Doa kepada Pencipta” yang disusun untuk ensiklik itu.

Halaman itu juga berisi tautan ke platform media sosial Twitter untuk berbagi langsung bagian yang diminati. Di situs web itu ada juga “window” di bagian “News” yang berfungsi sebagai tautan langsung ke artikel-artikel “Vatican News” terbaru tentang ensiklik itu.

Pekerjaan masih berlangsung untuk mengembangkan bahasa kontennya. Ada juga rencana mengumpulkan infografis video presentasi ensiklik itu, yang sudah terlihat di saluran YouTube dikasteri itu di “Fratelli tutti” playlist.

Selain itu, sebuah ruang bernama “inisiatif” sedang dibuat berisi materi dan kontribusi dari Gereja lokal, organisasi, jaringan dan komunitas (religius dan non-religius), yang bertujuan untuk implementasikan pesan yang terkandung dalam Fratelli tutti.(PEN@ Katolik/paul c pati/berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan