Jasmine Diana Martinu, juara Lomba Sharing Kitab Suci (PEN@ Katolik/screenhot)
Jasmine Diana Martinu, juara Lomba Sharing Kitab Suci (PEN@ Katolik/screenhot)

Dengan tema nasional  Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2020 “Mewartakan Kabar Gembira dalam Krisis Iman dan Identitas,” Keuskupan Manado lewat Manado Catholic Orchestra (MCO) yang bekerjasama dengan Komisi Kateketik, Komisi Kepemudaan, Komisi Kerasulan Awam, Badan Pelayanan Keuskupan Pembaruan Karismatik Katolik, dan Catholic Family Ministry mengadakan Pendalaman Kitab Suci dan Lomba Sharing Kitab Suci selama September 2020 dan disiarkan langsung di halaman Facebook MCO.

Penjelasan itu dikatakan oleh anggota team broadcast MCO Caren Mainsiouw kepada PEN@ Katolik 5 Oktober 2020. Pendalaman Kitab Suci itu, lanjut Caren, diikuti tantangan untuk melakukan aksi nyata sebagai penerapan bacaan Kitab Suci yang didengarkan bersama.

“Aksi nyata dilakukan beberapa umat dan beberapa di antaranya di-posting di berbagai media sosial,” kata Caren yang menceritakan pendalaman Kitab Suci pertama 5 September dengan tema “Allah adalah Sumber Cinta Kasihku” (1 Yohanes 4:7-21) yang dibuka oleh Ketua Komisi Kepemudaan Pastor Hendro Kandowangko Pr dan pendalaman yang dibawakan oleh Ketua Komisi Kateketik Pastor Kris Ludong Pr.

Dalam pendalaman Kitab Suci itu, jelasnya, setelah Pastor Kris menjelaskan makna bacaan bahwa Allah menunjukkan kasih-Nya melalui rangkaian peristiwa-peristiwa kehidupan, termasuk dalam situasi pandemi ini, dan kita diminta menunjukkan tanda bahwa kita anak-anak Allah dengan saling mengasihi, maka pendalaman ditutup dengan tantangan kepada umat dalam bentuk aksi nyata yakni “mewartakan kabar gembira dengan virtual dan aktual, misalnya dengan menyatakan cinta kepada orang tua.”

Pendalaman kedua, 12 September, dengan tema “Yesus Rajaku” (Matius 25: 31-46) dibuka oleh Gracia Kelana dari Komisi Kepemudaan dan pendalaman dibawakan oleh Iwan Lalamentik, katekis dari Komisi Kateketik. Pendalaman kedua itu ditutup dengan aksi nyata oleh umat dalam bentuk memberi perhatian lebih kepada orang yang menderita, seperti memberi makanan, minuman, baju bekas layak pakai, dan uang. “Dan juga menggerakkan hati teman-teman di sosial media untuk bersama-sama memberikan donasi,” jelas Caren.

Pendalaman ketiga 19 September bertema “Aku utusan Yesus” dibuka oleh Meggy Lolong dan Pastor Hendro Kandowangko Pr dari Komisi Kepemudaan. Setelah pendalaman oleh Leo Wurangian sebagai katekis, umat diminta mem-posting kata-kata yang memberikan inspirasi, seperti ayat yang menyentuh atau kata-kata dari santo atau santa, dan juga mem-posting perbuatan baik misalnya menolong orang menyeberang jalan, membagikan sembako, menolong adik belajar.

Pendalaman keempat 19 September bertema “Aku Bersaudara seperti Jemaat Perdana: (Kis: 2: 37: 47) dibuka oleh Gracia Kelana dan Pastor Hendro Kandowangko Pr dari Komisi Kepemudaan dan pendalaman dibawakan oleh Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC.

Mgr Rolly berharap umat Katolik “bangga menjadi orang Katolik” dan “bangga mempunyai Allah yang mengasihi” melalui Yesus Kristus, serta menguraikan bahwa dalam pertemuan pertama hingga ketiga umat diajak melihat identitas orang beriman dalam kaitan dengan Allah yang menyatakan diri dalam Yesus Kristus.

BKSN Keuskupan Manado 2020 diakhiri dengan Lomba Sharing Kitab Suci lewat rekaman video sebagai puncak kegiatan BKSN 2020. Dari lomba sharing Kitab Suci itu, jelas Caren, umat diajak ikut berpartisipasi nyata dalam menjadi contoh aksi nyata untuk pewartaan Kitab Suci, berani mewartakan Kitab Suci di tengah masyarakat.”

Lomba itu diikuti delapan partisipan yaitu Natalie S, Aneke Ogi (juara kedua), Gracia Kelana (juara favorit), Lizzy Regina Kalalo, Caren Mantiri, Jasmine Diana Martinu (juara pertama, videonya bisa dilihat di link di bawah tulisan ini), Estevania Maspaitela, dan David Manewus. Saat memberi selamat kepada pemenang, di saat pengumuman 4 Oktober, Moderator MSC Pastor John Montolalu Pr yang juga Sekretaris Keuskupan Manado berharap, “semoga Kitab Suci semakin dicintai dan Kabar Baik kian tersebar sehingga semakin banyak orang yang menikmati karya kasih-Nya.”(PEN@ Katolik/michael)

https://www.facebook.com/smin.n.712/videos/141562510995872/

Tinggalkan Pesan