Paus datang ke Perkemahan Anak-Anak Musim Panas Vatikan (Vatican Media)
Paus datang ke Perkemahan Anak-Anak Musim Panas Vatikan (Vatican Media)

Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Matteo Bruni, merilis informasi pada Senin malam, 20 Juli 2020, bahwa pagi ini, tak lama setelah pukul 9:00, Bapa Suci mengunjungi anak-anak yang ikut dalam Estate Ragazzi (Perkemahan Anak-Anak Musim Panas) yang berlangsung di dalam Negara Kota Vatikan hari-hari ini. Saat itu anak-anak sedang sarapan di Aula Paulus VI.

Paus Fransiskus datang ke setiap meja, bercakap-cakap dengan anak-anak. Dia juga mengunjungi tempat bermain yang didirikan di Aula itu dan berbicara dengan para “penasihat” perkemahan musim panas itu, menjawab pertanyaan mereka, dan berterima kasih atas pekerjaan mereka.

Tak lama kemudian, sembari duduk bersama anak-anak, Paus mendorong mereka untuk berteman. “Orang-orang yang hanya tahu bersenang-senang sendirian adalah egois. Kalian harus bersama, dengan teman-teman, untuk bersenang-senang.” Akhirnya, sebelum kembali ke Santa Marta sekitar pukul 10:00, Paus menyapa orang-orang yang menjalankan perkemahan itu dan berterima kasih atas pekerjaan mereka.

Perkemahan Anak-Anak Musim Panas itu dibuka awal Juli. Perkemahan berlangsung di Taman Vatikan, heliport dan Aula Paulus VI. Sekitar 100 anak karyawan Vatikan, yang usia 5 hingga 14 tahun, ikut dalam momen-momen menyenangkan, permainan, pembelajaran, dan doa. Dalam kegiatan itu mereka juga berenang, main tenis, sepak bola, pingpong dan pertandingan bola basket, meluncur. Semua itu dilakukan dengan tetap menaati langkah-langkah pencegahan anti-Covid.

Pemerintahan Vatikan menyelenggarakan perkemahan itu atas permintaan Paus. Pastor Franco Fontana, kapelan Vatikan Gendarmerie, mengkoordinir prakarsa itu. Dia merangkum motivasi di balik Perkemahan Musim panas Anak-Anak itu dengan mengatakan, untuk memberi kesempatan bagi anak-anak untuk “menjalani musim panas dengan tenang.” Para anggota Salesian Don Bosco ikut menjalankan perkemahan itu bersama asosiasi bernama “Tutti in una festa” (Semua dalam satu pesta).(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan