Keluarga Kudus

Kitab Suci banyak berbicara tentang menjadi ayah dan apa yang diperlukan untuk menjadi ayah yang suci. Tidak mudah menjadi ayah yang baik di dunia saat ini. Stres serta kurangnya contoh yang baik membuat sulit untuk tahu apakah Anda sudah melakukan pekerjaan sebagai orang tua dengan baik atau tidak. Salah satu tempat terbaik untuk mencari cara menjadi ayah yang baik adalah Kitab Suci. Inilah 10 ayat yang mengilhami dan bisa ikut menantang siapa pun yang ingin menjadi ayah yang baik bagi anak-anaknya.

  1. Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. (Efesus 6:4)
  2. Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia. (Mazmur 103:13)
  3. Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku.  Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. Tetapi kasih setia-Ku tidak akan hilang dari padanya. (2 Samuel 7:14-15)
  4. Aku mengajarkan jalan hikmat kepadamu, aku memimpin engkau di jalan yang lurus. Bila engkau berjalan langkahmu tidak akan terhambat, bila engkau berlari engkau tidak akan tersandung. (Amsal 4:11-12)
  5. Di padang gurun, di mana engkau melihat bahwa Tuhan, Allahmu, mendukung engkau, seperti ayah mendukung anaknya, sepanjang jalan yang kamu tempuh, sampai kamu tiba di tempat ini. (Ulangan 1:31)
  6. Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih! (1 Kor 16:14)
  7. Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia. (Lukas 15:20)
  8. Rumah tangga anak dikukuhkan oleh berkat bapa, tapi dasar-dasarnya dicabut oleh kutuk ibu. (Sirakh 3:9)
  9. Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. (Efesus 4:29)
  10. Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia. (Amsal 23:24)

 

Philip Kosloski/Aliteia

Tinggalkan Pesan