Paus Fransiskus dan Komandan Gendarmerie (polisi militer) Vatikan Domenico Giani 3
Komandan Polisi Militer Vatikan Domenico Giani menemani perjalanan Paus (Vatican Media)

Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Komandan Gendarmerie (polisi militer) Vatikan Domenico Giani yang diajukan hari Senin, 14 Oktober 2019. Langkah yang diambilnya, tegas Paus, merupakan “ungkapan kebebasan dan kepekaan institusional.”

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Kantor Pers Tahta Suci di hari yang sama, beberapa media pada tanggal 2 Oktober 2019 menerbitkan sebuah tata tertib rahasia, yang ditandatangani oleh Domenico Giani, berkaitan dengan konsekuensi-konsekuensi batasan-batasan administratif tertentu yang dikenakan pada anggota staf Tahta Suci. Publikasi ini merugikan martabat orang-orang yang tersangkut dan citra Gendarmerie.

Guna memastikan ketenangan dari investigasi yang sedang berlangsung, karena pelaku penyebaran keluar tata tertib itu masih belum diketahui, Domenico Giani mengajukan pengunduran dirinya kepada Bapa Suci “karena cinta kepada Gereja dan kesetiaan kepada Penerus Petrus.”

Pernyataan itu menjelaskan bahwa investigasi itu dikoordinir oleh Promotor Keadilan dan dilaksanakan oleh Gendarmerie, dan tata tertib itu diperuntukkan bagi staf Gendarmerie serta Garda Kepausan Swiss. Pengungkapan persoalan itu, lanjutnya, bukanlah tanggung jawab pribadi Komandan Gendarmerie.

Ketika menerima pengunduran dirinya, lanjut pernyataan itu, Bapa Suci berbicara panjang lebar dengan Domenico Giani dan menyatakan penghargaannya kepada komandan itu atas sikapnya, “sebuah ungkapan kebebasan dan kepekaan institusional.”

Paus menghormati Komandan Giani dan pekerjaan yang dia lakukan dengan kerendahan hati dan kebijaksanaan demi melayani Pelayanan Santo Petrus dan Tahta Suci. Paus juga mengenang kesetiaan dan loyalitas Domenico Giani selama dua puluh tahun dan menggarisbawahi bagaimana Komandan Giani mampu membangun dan menjamin suasana kemudahan dan keamanan yang berlangsung lama di sekitar Bapa Suci. “Komandan itu telah memberikan kesaksian yang luar biasa di banyak bagian dunia,” tulis pernyataan itu.

Dalam perpisahan dengan Domenico Giani, Bapa Suci juga berterima kasih atas kompetensi luar biasa yang ditunjukkan dalam penampilan banyak tugasnya yang sensitif, juga di tingkat internasional, dan atas profesionalisme yang tak terbantahkan yang telah ia berikan kepada Gendarmerie Vatikan. (PEN@ Katolik/paul c pati)

Beberapa foto Vatican Media yang memperlihatkan keterlibatan Domenico Giani dalam menemani perjalanan Paus Fransiskus:

Paus Fransiskus dan Komandan Gendarmerie (polisi militer) Vatikan Domenico Giani 2Paus Fransiskus dan Komandan Gendarmerie (polisi militer) Vatikan Domenico Giani 1

Komandan Polisi Militer Vatikan Domenico Giani (belakang) menemani Paus (Vatican Media)

Tinggalkan Pesan