Penandatangan berita acara kiri ke kanan): Pastor Sipri Hormat, Pastor Kamilus Pantus, Pastor Steven Lalu, dan Mgr Hilarion Datus Lega. (Foto R Wulandari)
Penandatangan berita acara (kiri ke kanan): Pastor Siprianus Hormat, Pastor Kamilus Pantus, Pastor Steven Lalu, dan Mgr Hilarion Datus Lega. (Foto R Wulandari)

“Saya bukan orang hebat yang terpilih, tapi saya bersyukur boleh melayani bersama orang-orang hebat. Saya tidak bermimpi jadi hebat. Saya hanya mau kerja keras.” Komentar pribadi itu disampaikan Pastor Antonius Gregorius Angelo Lalu Pr kepada PEN@ Katolik menanggapi pengangkatannya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI.

Surat Keputusan Presidium KWI No 083/Pres/K/2019 tentang pengangkatan Pastor Steven, demikian panggilan akrabnya, sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI yang baru, dibacakan oleh Sekretaris KWI Pastor Siprianus Hormat di Jakarta Pusat, 16 Agustus 2019.

“Menetapkan RD Antonius Steven Lalu menjadi Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI terhitung mulai 1 Agustus 2019 sekaligus sebagai tenaga tetap dengan segala hak dan kewajibannya. Keputusan ini berlaku untuk jangka waktu tiga tahun, dan dapat diperpanjang atas persetujuan pihak-pihak yang bersangkutan dengan mengingat ketentuan Statuta KWI pada pasal sebagaimana disebutkan di atas,” demikian keputusan yang diterbitkan oleh website Komsos KWI MirificaNews di hari yang sama.

Pembacaan keputusan itu dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh Ketua Komisi Komsos KWI Mgr Hilarion Datus Lega serta seluruh anggota badan pengurus komisi itu.

“Saya berterima kasih mendapat kepercayaan dari para uskup Indonesia. Terima kasih kepada uskup ketua, Mgr Datus Lega. Terima kasih juga kepada Uskup Manado yang merelakan saya bekerja di luar keuskupan, dan terima kasih kepada Romo Kamilus Pantus, yang  sudah membangun, menciptakan dan menjalankan banyak program luar biasa untuk dunia komunikasi sosial Gereja Indonesia. Saya akan melanjutkan dan mengembangkan apa yang sudah dilakukan Romo Kamilus,” lanjut imam diosesan Keuskupan Manado itu.

Imam itu menegaskan, dia akan tetap memberikan perhatian pada pengembangan komsos-komsos keuskupan dan “pelaksanaan Pekan Komunikasi Sosial Nasional yang semakin berkualitas dan efektif.”

Ketika diangkat menjadi Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI, Pastor Steven Lalu menjabat Ketua Komsos Keuskupan Manado dan Ketua Signis Indonesia (asosiasi pekerja media Katolik).

Menjawab alasan mengapa dia yang dipilih, Pastor Steven Lalu menegaskan, “sebenarnya para uskup yang memilih lebih tahu mengapa saya dipilih, tapi mungkin karena kebetulan saya pernah belajar teologi komunikasi di Universitas Salib Suci, Roma, kemudian saya sementara berusaha mengembangkan Radio Montini 106 FM, Manado, dan mungkin juga karena saya sudah anggota badan pengurus Komsos KWI sejak  2018. Mungkin ini alasan-alasannya kalau boleh menduga.” (PEN@ Katolik/paul c pati)

Pastor Steven Lalu Pr (Foto Tribun Manado)
Pastor Steven Lalu Pr (Foto Tribun Manado)
Badan Pengurus Signis-Indonesia (2008-2021). Pastor Steven Lalu (tengah). Foto Pastor Kamilus Pantus
Badan Pengurus Signis-Indonesia (2008-2021). Pastor Steven Lalu (tengah). Foto Pastor Kamilus Pantus

Tinggalkan Pesan