IMG-20190728-WA0008

Uskup Timika Mgr John Philip Saklil meninggal dunia hari Sabtu, 3 Agustus 2019, pukul 14.23 WIT di Rumah Sakit Mitra Masyarakat Timika Caritas Papua. Mgr Saklil, yang jatuh terpeleset saat keluar dari kapel di Kantor Keuskupan Timika, selesai memberikan pembinaan kepada imam-imamnya, langsung dibawa ke rumah sakit dalam keadaan tidak sadar.

Tahta Suci baru saja mengangkat Mgr Saklil sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke (KAME) untuk mengisi Sede Plena di KAME menyusul pembebasan tugas Mgr Nicolaus Adi Seputra MSC sebagai Uskup Agung Merauke yang diberi kesempatan menjalani masa On Going Formation (bina lanjut) di Roma dalam jangka waktu tidak ditentukan. Keputusan itu berlaku sejak Sabtu 27 Juli 2019, Pukul 17.00 WIT, saat Mgr Saklil membacakan pengumuman itu di hadapan para imam, biarawan dan biarawati di Rumah Bina Merauke.

Mgr Saklil yang lahir di Kokonao, Mimika Barat, Papua, 20 Maret 1960, ditahbiskan sebagai imam diosesan Keuskupan Jayapura 23 Oktober 1988. Ketika Keuskupan Timika berdiri sebagai hasil pemekaran Keuskupan Jayapura, Mgr Saklil diangkat sebagai uskup pertama, 19 Desember 2003, dan ditahbiskan sebagai uskup 18 April 2004. Mgr Saklil ditahbiskan oleh Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar OFM dan penahbis pendamping Uskup Agung Emeritus Merauke Mgr Jacobus Duivenvoorde MSC dan Uskup Agats Mgr Aloysius Murwito OFM.

Dengan moto tahbisan uskup, “Parate viam Domini” (Persiapkanlah jalan untuk Tuhan) (Mat 3:3, par. Mrk 1:3, Luk 3:4), Mgr Saklil ingin menyerukan kepada semua orang, terutama seluruh yang terlibat di Keuskupan Timika untuk bertobat, menyiapkan diri, dan membersihkan hati supaya diselamatkan oleh Tuhan. Mgr Saklil berulang kali mengajak umat Keuskupan Timika untuk menggali potensi yang ada, demi terwujudnya Gereja lokal yang mandiri.

Di masa tugasnya sebagai Ketua Komisi Kepemudaan KWI (2009-2015) terlaksana Indonesian Youth Day (IYD) pertama di Sanggau.  Paus Benediktus XVI menyatakan kegembiraan atas pelaksanaan IYD 2012 itu.(PEN@ Katolik/Abdon Bisei)

Tinggalkan Pesan