Ad Limina 1
Paus Fransiskus bertemu dengan semua uskup Indonesia yang mengadakan kunjungan ad limina. (Foto hasil tangkapan layar dari Rome Reports)

Semua uskup di Indonesia telah mengadakan kunjungan ad Limina Apostolurum kepada Paus Fransiskus pada hari istirahatnya, Selasa pagi, 11 Juni 2019, sehingga kurang mendapat liputan dari Media Vatikan. Namun, Rome Reports melaporkan, meski Paus agak pilek hari itu para uskup Indonesia senang berada di sekitar Paus. Dalam kunjungan ad Limina, para uskup melaporkan perkembangan keuskupannya masing-masing kepada Paus. Di akhir pertemuan bersama itu, Paus menyalami para uskup itu satu per satu dan memberikan kepada setiap uskup sebuah salib dan beberapa teks ajarannya. Sebanyak 37 orang hadir dalam pertemuan itu, 35 uskup serta satu uskup agung emeritus yakni Mgr Alfred Gonti Pius Datubura OFMCap dari Medan dan Sekretaris Eksekutif KWI Pastor Sipri Hormat Pr. Dalam video itu nampak Paus bercanda dan membalas teguran para uskup.  Dan Paus tak lupa meminta agar para uskup mendoakan dia juga. Ketika Uskup Banjarmasin Mgr Petrus Boddeng Timang Pr meminta dalam bahasa Italia agar Paus mendoakan dia, Paus menjawab, “Ya, untukku juga!” Indonesia memiliki 37 keuskupan dan satu Ordinariat Militer. Uskup Jayapura tidak hadir, sementara Uskup Agung Jakarta hadir pula sebagai Uskup Ordinariat Militer dan Uskup Denpasar hadir juga sebagai Administrator Apostolik Ruteng. (PEN@ Katolik/paul c pati)

Semua foto ini adalah hasil tangkapan layar yang dilakukan PEN@ Katolik dari Laporan video Rome Reports      

Laporan video oleh Rome Reports

Ad Limina 5Ad Limina 6

Ketika Mgr Petrus Boddeng Timang Pr meminta dalam bahasa Italia agar Paus mendoakan dia, Paus menjawab, “Ya, untukku juga!”
Ketika Mgr Petrus Boddeng Timang Pr meminta dalam bahasa Italia agar Paus mendoakan dia, Paus menjawab, “Ya, untukku juga!”

Tinggalkan Pesan