New_Priests_Loikaw_18
Uskup Loikaw Mgr Stephen Tjephe bersama dua imam Dominikan yang baru. Foto dari Provinsi Dominikan Rosario Suci

Setiap tahun, pada Pesta Santa Perawan Maria dari Fatima, 13 Mei, umat Paroki Nwalawo di Loikaw, Myanmar, berduyun-duyun pergi ke Bukit Soduyar. Di sana, menurut laporan telah terjadi penampakan Bunda Maria. Tahun demi tahun, semakin banyak umat paroki, yang dilayani para imam Dominikan itu, datang menghormati Maria di tempat itu. Pesta Santa Perawan Maria dari Fatima pun menjadi pesta besar, bukan hanya untuk umat Nwalawo tetapi juga untuk semua devosan Maria di Keuskupan Loikaw.

Namun tahun ini agak berbeda. Mengetahui akan ada tahbisan dua biarawan, seperti dilaporkan oleh web provinsi Dominikan Hongkong http://www.holyrosaryprovince.org/ umat paroki itu datang memperbaiki jalan menuju bukit dan beberapa hal lainnya. Beberapa hari sebelum pesta Bunda Maria dari Fatima itu, umat paroki Nwalawo sudah ke bukit itu untuk membuat persiapan, mereka membersihkan area untuk perayaan liturgi, menyimpan air untuk memasak, menyiapkan tenda dan menghias tempat.

Lebih daripada itu, setiap malam umat paroki bergiliran membuat Novena kepada Bunda Maria untuk keberhasilan kedua perayaan itu. Semua umat bersemangat untuk dua pesta besar ini.

Dan hari itu, 13 Mei 2019, awan-awan indah memberi keteduhan bagi semua devosan Maria. Benar-benar keajaiban karena, tidak seperti hari-hari sebelumnya, pada hari perayaan itu cuaca segar dan menyenangkan. Matahari muncul hanya setelah Misa.

Pukul 6 pagi, biarawan dan biarawati Dominikan sudah berada di atas bukit itu. Para devosan Maria dari semua penjuru keuskupan mulai berdatangan pukul 6:30. Begitu banyaknya umat yang hadir, sehingga uskup pun tidak bisa tiba tepat waktu.

Upacara tahbisan dimulai dengan prosesi dari sebuah tenda ke panggung di kaki bukit. Drum band yang disertai alat musik tiup serta musik tradisional Kayah mengantar para uskup dan para imam ke panggung.

Uskup Loikaw Mgr Stephen Tjephe memimpin Misa dan menahbiskan dua imam baru, Pastor Paul Thu Reh OP dan Pastor Anthony Man Thang OP. Uskup Emeritus Loikaw Mgr Sotero Phamo dan Uskup Emeritus Mandalay Mgr Paul Si Thu Grawn juga datang menghadiri perayaan ini beserta 50 imam lain sebagai konselebran .

Tidak kurang 200 biarawati juga hadir. Tentu saja, kelompok terbesar adalah para devosan Maria, yang bisa berjumlah sekitar 10.000. Di antara banyak umat beriman ini ada juga sanak saudara dari dua imam baru itu, Pastor Anthony dan Pastor Paul. Tahbisan dan perayaan itu berlangsung semarak dengan iringan Paduan Suara OMK Paroki.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan laporan http://www.holyrosaryprovince.org/)

New_Priests_Loikaw_16
Semua foto ini dari www.holyrosaryprovince.org

New_Priests_Loikaw_4New_Priests_Loikaw_10

Tinggalkan Pesan