DSCN1158[1]

Vikaris Episkopal Keuskupan Agung Jakarta Pastor Alex Andang Binawan SJ mengatakan, kehadiran Oase Rohani Katolik (ORK), sebuah program siaran radio milik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yang kini bernama KAJ RadioLINE, “sesungguhnya membantu agar iman umat semakin tumbuh serta bisa “berbuah.”

Pastor Andang berbicara dalam homili Misa Syukur 12 tahun ORK mengudara dan menemani pendengar yang dirayakan di aula Santo Yohanes dari Paroki Katedral Jakarta, 23  Februari 2019. Misa itu dipimpin oleh Pastor Andang dengan konselebran Ketua Komsos KAJ Pastor Harry Sulistyo Pr dan perintis ORK Pastor Peter Tukan SDB dan 16 imam lain yang bertugas di KAJ.

Hadir juga sekitar 400 umat termasuk 10 penyiar perempuan yang selama ini mendampingi para imam dalam membawakan renungan berdasarkan bacaan Injil harian. Para penyiar itu biasa mengunjungi pendengar selama satu jam setiap pagi sejak pukul 06.00 WIB.

Pastor Andang mengatakan, Yesus Krisus, yang disebut ‘pokok anggur’ dalam Injil Yohanes, dan menampakkan wajah Allah yang murah hati, pengampun dan selalu berbelas kasih itu, hendaklah menjadi teladan bagi seluruh umat manusia. “Iman adalah suatu sikap terbuka, percaya kepada suatu yang kelihatan dan tak kelihatan dan lewat siaran ORK sesungguhnya para penyiar menyampaikan warta tentang kasih Allah,” kata imam itu.

Menurut Vikep KAJ itu, hadirnya ORK selama dua belas tahun dan kini bernama KAJ RadioLINE menampilkan wajah Allah yang penuh kasih lewat siaran renungan yang dibawakan para imam KAJ. “Semoga HUT ke-12 ORK boleh mengantar umat  agar imannya bertumbuh serta bisa ‘berbuah’,” harap imam itu.

Siaran ORK mulai dilakukan di Graha SDB Sunter sekitar tahun 2006-2007. Pastor Peter Tukan SDB berharap program pelayanan siaran yang dirintisnya itu terus berlangsung atas kolaborasi dengan berbagai pihak, “maksudnya antara para pendengar, para pastor dan para pegiat media Komsos.”

Hari itu, sertifikasi dan penghargaan diberikan oleh Komsos KAJ kepada Pastor Peter Tukan SDB.

Felicia Lili Tedja, penyiar ORK, merasa sukacita melakukan pelayanan sebagai perpanjangan tangan Tuhan, “dan sekiranya pengetahuan yang disampaikan bisa menjadi berkat bagi seluruh pendengar, dan lewat siaran ORK iman umat Katolik semakin teguh dan kuat.”

Anis, pendengar setia dari Cengkareng, ikut hadir. Dia menceritakan “sukacita mendalam” saat mendengar permenungan KAJ RadioLINE yang berhubungan dengan pengalaman yang dihadapinya. “Semoga iman umat semakin bertumbuh dan berkembang,” katanya. (PEN@ Katolik/Konradus R. Mangu)

10 penyiar perempuan KAJ RadioLINE yang selama ini mendampingi para imam membawakan renungan berdasarkan bacaan Injil harian. PEN@ Katolik/krm
10 penyiar perempuan KAJ RadioLINE yang selama ini mendampingi para imam membawakan renungan berdasarkan bacaan Injil harian. PEN@ Katolik/krm

Tinggalkan Pesan