Foto Leo Sipahutar
Foto Leo Sipahutar

Il Santo Padre Francesco ha accettato la rinuncia al governo pastorale di Medan (Indonesia), presentata da S.E. Mons. Anicetus Bongsu Sinaga, O.F.M. Cap. Il Papa ha nominato Arcivescovo Metropolita di Medan (Indonesia) il Rev.do P. Kornelius Sipayung, O.F.M. Cap., finora Ministro Provinciale di Medan.

Pengumuman dalam bahasa Italia yang diterbitkan oleh Sala Stampa atau Kantor Pers Vatikan, 8 Desember 2018, itu berarti bahwa Paus Fransiskus telah menerima permohonan pengunduran diri dari tugas pastoral Keuskupan Agung Medan (Indonesia), yang disampaikan oleh Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap, dan menunjuk Uskup Agung Metropolitan Medan (Indonesia) Pastor Kornelius Sipayung OFMCap, yang saat ini bertugas sebagai Minister Provinsial OFMCap Provinsi Medan.

Dijelaskan, Pastor Kornelius Sipayung OFMCap lahir di Bandar Hinalang-Kabanjahe, Sumatera Utara, Keuskupan Agung Medan, 26 Agustus 1970. Setelah mengikuti Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar, imam itu menyelesaikan mata kuliah filsafat dan teologi di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Santo Yohanes Pematangsiantar. Imam itu mengucapkan kaul kekal, 22 Agustus 1998, dan ditahbiskan imam 11 Desember 1999.

Pastor, yang pernah bertugas sebagai Kepala Paroki Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Kabanjahe, Medan (1999-2002), meraih Lisensi Teologi Dogmatis di Universitas Gregoriana, Roma, dan menyelesaikan kursus bahasa Inggris enam bulan di Brisbane, Australia (2002-2005).

Imam itu kemudian bertugas sebagai Pembina Seminari Kapusin di Pamatangsiantar dan Dosen berbagai disiplin ilmu teologi di STFT Santo Yohanes Pematangsiantar (2005-2015), menjadi guardian  biara OFMCap di Pematangsiantar dan Wakil Minister Provinsi OFMCap Provinsi Medan (2012-2015).

Pastor Kornelius, yang terpilih sebagai Minister Provinsial OFMCap tahun 2015 dan terpilih kembali tahun 2018 untuk masa jabatan berikutnya hingga 2021, adalah juga anggota Badan Kerjasama Provinsi Kapusin Indonesia yang menyatukan perwakilan Provinsi Medan dan Provinsi Pontianak, serta dua kustodi yakni Sibolga dan Nias. Badan ini adalah bagian dari Konferensi Asia-Pasifik Ordo Kapusin.

Di tingkat nasional, imam itu merupakan anggota Komisi Teologi dari Konferensi Waligereja Indonesia, dan di tingkat keuskupan sebagai anggota Dewan Imam Keuskupan Agung Medan dan administrator Yayasan Harapan Jaya dan Caritas Medan. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Sala Stampa dari Vatikan)

Tinggalkan Pesan