Ziarah OMK Italia1

Lebih dari 30.000 orang muda Katolik (OMK) dari sekitar 200 keuskupan Italia berangkat secara berkelompok pada hari Jumat pagi, 3 Agustus 2018, mengikuti ziarah jalan kaki selama seminggu di wilayah keuskupan masing-masing. Ziarah itu akan berakhir dengan apel akbar di Roma di akhir pekan depan dengan pertemuan dengan Paus Fransiskus.

Ziarah itu, menurut laporan Robin Gomes dari Vatican News, diprakarsai oleh Pelayanan Nasional Departemen Kepemudaan Konferensi Waligereja Italia guna mempersiapkan Sinode tentang kaum muda di Vatikan bulan Oktober dan Hari Orang Muda se-Dunia (WYD) di Panama bulan Januari.

Pastor Michele Falabretti yang mengepalai kantor Departemen Kepemudaan itu menjelaskan bahwa mereka ingin menambahkan pengalaman khusus untuk pertemuan mereka dengan Paus, maka prakarsa itu disebut, “Per Mille Strade” (Melalui seribu jalan), yang merupakan ziarah OMK dan para pendamping mereka, dan Siamo Qui” (Kami ada Di sini), perjumpaan dengan Paus Fransiskus dalam dua hari terakhir di Roma, 11 dan 12 Agustus 2018.

Agar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya ziarah berjalan kaki itu, setiap peserta dibekali perangkat ziarah berisi barang-barang praktis dan spiritual. Ini termasuk tas bahu dengan barang-barang seperti lampu untuk malam hari, topi, kantong air, buku harian, Injil, salib, buku komentar tentang perjumpaan antara Yesus dan para murid, kanvas kecil dengan gambar kafan suci, peta dan tanda pengenal.

Para peziarah muda juga dilengkapi kayu bundar, tempat menempatkan pengalaman mereka saat melewati berbagai tahap perjalanan mereka.

Pastor Falabretti mengatakan, tujuan ziarah itu untuk “membantu orang muda keluar dari jalan yang biasa mereka lalui, mengurangi kegiatan dan terus menyaksikan kesaksian-kesaksian hidup dan iman yang mereka temukan serta mengetahui kisah-kisah manusia zaman sekarang dan kesulitan-kesulitan dan harapan-harapannya. Perjalanan ini hendak membuat anak-anak berpikir dan merasa sebagai bagian dari Gereja.”

Setelah berziarah melintasi keuskupan masing-masing, anak-anak muda itu akan naik bus, kereta api, atau sarana lain untuk berkumpul di Roma hari Sabtu, 11 Agustus. Di sana mereka akan mengadakan doa malam di Circus Maximus yang akan dihadiri Bapa Suci.

Hari berikutnya, mereka akan menghadiri Misa di Lapangan Santo Petrus. Di akhir Misa, Paus akan menyerahkan mandat misionaris dan memberkati Salib Santo Damian dan Bunda Kita dari Loreto yang akan mereka bawa ke WYD di Panama, tahun depan.

Orang-orang muda itu didorong untuk tetap berhubungan dengan memposting pengalaman mereka secara online di media sosial yang akan dibagikan kepada semua secara real time di saat perjalanan ziarah berlangsung.(pcp berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait

Paus Fransiskus dalam Minggu Palma minta OMK berteriak sebelum batu-batu berteriak

Paus Fransiskus pada pertemuan pra sinode orang muda harus serius diperhatikan

cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (1)
Logo ziarah jalan kaki OMK Italia

Tinggalkan Pesan