Pastor Gabriele Amorth, ketua eksorsis Roma. Aleteia
Pastor Gabriele Amorth, ketua eksorsis Roma. Aleteia

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

351. Apa itu Sakramentali?

Sakramentali adalah tanda-tanda suci yang ditetapkan oleh Gereja untuk menguduskan macam-macam situasi kehidupan. Di sini, termasuk doa yang diiringi dengan tanda salib dan tanda-tanda lainnya. Di antara Sakramentali yang penting ialah: pemberkatan-pemberkatan yang merupakan pujian kepada Allah dan doa untuk memperoleh karunia-Nya, pemberkatan seseorang dan barang-barang bagi ibadah kepada Allah.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1667-1672, 1677-1678

352. Apa itu pengusiran setan?

Bilamana Gereja meminta dengan otoritasnya dalam nama Yesus bahwa seseorang atau objek tertentu dilindungi terhadap kuasa si Jahat dan membebaskannya dari cengkeraman si Jahat, maka hal itu disebut dengan pengusiran setan (exorcisme). Dalam bentuk biasa, hal ini dilaksanakan dalam ritus Sakramen Pembaptisan. Exorcisme Meriah dapat dilaksanakan hanya oleh seorang Imam yang diberi wewenang oleh Uskup.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1673

353. Bentuk-bentuk kesalehan populer apa yang mengiringi hidup Sakramental Gereja?

Cita rasa religius umat Kristen selalu terungkap dalam bermacam-macam bentuk kesalehan yang mengiringi hidup Sakramental Gereja, misalnya penghormatan terhadap relikwi, kunjungan terhadap tempat-tempat suci, ziarah, prosesi, jalan salib, dan rosario. Gereja dengan terang iman mendukung bentuk-bentuk autentik kesalehan populer ini.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1674-1676, 1679

Tinggalkan Pesan