www.vaticannews.va/en/vatican-city/news/2018-06/vatican-dicastery-integral-human-award-video-migrants-refugees.html#play

Sebuah kampanye video dari Vatikan tentang kaum migran dan pengungsi telah menjadi praktik terbaik yang diakui secara internasional dalam mempromosikan perubahan positif di dalam masyarakat melalui iklan sosial.

Festival Iklan Sosial Internasional atau Publifestival memberikan penghargaan “Strategi Terbaik dalam Aksi Sosial” untuk video yang dibuat oleh Seksi Migran dan Pengungsi dari Dikasteri Vatikan untuk Promosi Pembangunan Manusia Terpadu. Video itu diproduksi oleh agen bernama La Machi Communication for Good Causes.

Edisi 12 dari Publifestival itu, menurut laporan Robin Gomes dari Vatican News, berlangsung Jumat malam, 15 Juni 2018, di Teater Fernando Rojas dari Círculo de Bellas Artes di Madrid, Spanyol. Agen-agen dan pengiklan seluruh dunia ikut dalam teater itu.

Video sepanjang tiga setengah menit itu menampilkan Paus Fransiskus yang menjelaskan empat kata kerja aktif yang dia usulkan untuk menjadi dasar tindakan-tindakan para pemerintah, organisasi dan warga untuk menangani hal-hal yang problematik dalam mobilitas manusia:  Menyambut, Melindungi, Mempromosikan, dan Memadukan.

Video, yang tersedia dalam hampir 30 bahasa itu, pertama kali ditampilkan pada sesi penilaian untuk Global Compact PBB tentang tentang Kaum Migran (Puerto Vallarta, Meksiko), Desember 2017, dan dalam Dialog Komisaris Tinggi tentang Tantangan Perlindungan untuk Global Compact for Refugees di Palais des Nations (Jenewa). Video itu telah dipresentasikan juga di markas besar PBB di New York dan banyak tempat lain di seluruh dunia.

“Paus Fransiskus memberi tanggapan Kristen dan tentunya beradab terhadap kebutuhan mendesak orang-orang rentan yang saat berpindah tempat,”  kata Pastor Michael Czerny, Wakil Sekretaris Seksi Migran dan Pengungsi dari dikasteri itu dalam upacara penghargaan itu.

“Dalam gambar, musik, dan gerakan,” katanya, “video itu membuat permohonan mendesak Bapa Suci begitu nyata.” Juga dikatakan, “Kami senang membantu pesan, yang menyentuh dan sungguh memotivasi ini, menjangkau jutaan orang yang peduli di mana pun.”

Publifestival juga memberikan penghargaan kepada video-spot tentang Seruan Apostolik Paus Fransiskus, “Gaudete et Exsultate”, tentang panggilan untuk kekudusan di dunia saat ini. Spot sepanjang dua setengah menit itu diproduksi oleh Vatican Media dengan kolaborasi dari La Machi Agency.(pcp berdasarkan laporan Vatican News)

Tinggalkan Pesan