ordenaccion_josepj_y_jordan_dsc_7811_0

Gereja Santa Perawan Maria Ratu Rosario, Gereja Konventual dari Rumah Santo Thomas Aquinas di Loikaw, Myanmar, ditahbiskan oleh uskup setempat, Mgr Stephen Tjephe, 3 April 2018. Di saat yang sama, Frater Pablito Thu Reh ditahbiskan menjadi diakon dan Frater Joseph Paku dan Frater Michael Tony ditahbiskan menjadi imam.

Uskup penahbis Mgr Stephen Tjephe memimpin Misa itu dengan konselebran Mgr Sotero Phamo, Mgr Peter Caku dan Mgr Basilio Athai. Konselebran lainnya adalah Provinsial dari Provinsi Rosario Suci Pastor Bonifacio Solis OP, para imam OP di Myanmar,  Pastor Matthew Shing mewakili Vikariat Filipina, Pastor Lawrence Reh mewakili komunitas Biara Santo Dominikus di Macau, tempat ketiga frater itu menyelesaikan Filsafat dan Teologi, dan 74 imam diosesan dan religius. Banyak umat awam dan kaum religius juga hadir.

Hari berikutnya, 4 April 2018, para imam yang baru ditahbiskan merayakan Misa Syukur. Saat itu Mgr Stephen Tjephe membawakan homili. Kemudian di hari yang sama, Pastor Solis dan Uskup Agung Yangon Charles Kardinal Bo menandatangani Memorandum of Agreement yang mempercayakan Paroki Santa Gemma Galgani kepada para imam Dominikan untuk jangka waktu dua puluh  tahun.

Sementara itu,  Hari Raya Kabar Sukacita 2018 di Hongkong dirayakan tanggal 9 April 2018. Tanggal itu kemudian dipilih menjadi tanggal pentahbisan dua imam Dominikan, anggota Provinsi Rosario Suci, di gereja Rosaryhill School Hong Kong. Uskup Hong Kong Mgr Michael Yeung memimpin  Misa dan menahbiskan Pastor Jordan OP dari Hong Kong dan Pastor Joseph Van Tran Huong OP dari Vietnam.

Banyak umat, sanak saudara dan keluarga, serta kaum religius dan imam hadir dalam perayaan itu. Perayaan itu bertepatan dengan berlangsungnya sidang khusus Dewan Provinsi yang biasanya berlangsung setiap tahun saat itu. Para anggota Dewan memiliki kesempatan untuk menyaksikan secara langsung peringatan tak terlupakan itu.(pcp berdasarkan op.org)

ordenacion_ssacerdotal_myanmar

Tinggalkan Pesan