27.5 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Apa hubungan antara Tradisi dan Kitab Suci?

BERITA LAIN

More
    Basilika Santo Paulus di Luar Tembok Kota Roma2
    Basilika Santo Paulus di Luar Tembok. PEN@ Katolik/pcp

    KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

    12. Apa Tradisi Apostolik itu?

    Tradisi Apostolik adalah pewarisan pesan Kristus, yang diturunkan sejak awal Kekristenan melalui khotbah, kesaksian, institusi, ibadah, dan tulisan-tulisan yang diilhami. Para Rasul mewariskan apa yang sudah mereka terima dari Kristus dan belajar dari Roh Kudus kemudian terus berlanjut kepada pengganti-pengganti mereka, para Uskup, dan melalui mereka kepada semua generasi sampai akhir dunia.

    Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 75-79, 83, 96-98

    13. Bagaimana terjadinya Tradisi Apostolik?

    Tradisi Apostolik terjadi dalam dua cara: melalui pewarisan langsung Sabda Allah (yang disebut sebagai Tradisi) dan melalui Kitab Suci yang merupakan pewartaan keselamatan yang sama dalam bentuk tulisan.

    Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 76

    14. Apa hubungan antara Tradisi dan Kitab Suci?

    Tradisi dan Kitab Suci berhubungan erat dan saling melengkapi. Masing-masing menghadirkan misteri Kristus dan berbuah di dalam Gereja. Kedua hal ini mengalir dari satu sumber ilahi yang sama, dan bersama-sama membentuk khazanah iman yang suci dan dari sinilah Gereja mendapatkan kepastian tentang wahyu.

    Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 80-82, 97

    15. Kepada siapa iman ini dipercayakan?

    Para Rasul mempercayakan khazanah iman ini kepada seluruh Gereja. Berkat makna iman yang adikodrati inilah umat Allah secara keseluruhan, dengan bimbingan Roh Kudus dan dituntun oleh Kuasa Mengajar Gereja, tidak pernah berhenti untuk menerima, meresapkan lebih dalam, dan menghayati anugerah wahyu ilahi ini secara lebih penuh.

    Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 84, 91, 94, 99

    RELASI BERITA

    2 KOMENTAR

    1. Saran saya kurangi iklan yang berlebih-lebihan Karena kita tahu situs ini mengajarakan kepada seluruh umat manusia mengenai ajaran dari Yesus Kristus atau lebih tepatnya bertajuk nilai-nilai dalam agama.Masa situs Agama dibuat seperti ini,saya harap kurangi.

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI