29.9 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Sabtu, 30 September 2017

BERITA LAIN

More

    Luk 9 43b 45

    PEKAN BIASA XXV

    Peringatan Wajib Santo Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja (P)

    Bacaan I: Za. 2:1-5. 10-11a

    Mazmur: Yer. 31:10-12b.13; R:10d

    Bacaan Injil: Luk. 9:43b45

    Semua orang heran karena segala yang dilakukan Yesus. Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: ”Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia.” Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

    Renungan

    Suatu kali Gustave Dore, seorang pelukis, melukis wajah Yesus pada salah satu lukisannya. Seorang temannya datang dan berkunjung ke ruang kerjanya. Di antara lukisan-lukisan yang ada, sahabatnya itu begitu terpukau ketika melihat gambar wajah Yesus. Ia berdiri di depan gambar itu dengan penuh perhatian dan kekaguman memandang wajah tersebut. Dari sudut ruangan, mata sang pelukis terus mengamati wajah penuh kagum dari sahabatnya. Sadar bahwa sang pelukis memandangnya, ia bertanya: ”Tuan Dore, tahukah kamu bahwa kamu tidak dapat melukis wajah Kristus seperti itu kalau kamu tidak mencintai-Nya?” Sahut Gustave Dore, ”Ya, saya berharap saya semakin mencintai-Nya, karena semakin saya mencintai-Nya, semakin lebih baik saya melukis wajah-Nya”. Iman kita akan Kristus tidak terbatas pada rasa kagum dan heran, tetapi mewujud dalam tindakan. ”Semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu” (Luk. 9:43b).

    Pertanyaaan refleksi bagi kita: “Seberapa besar cinta kita pada Kristus?” Untuk dapat mengukur seberapa besar cinta kita pada-Nya, mari kita melihat gambar wajah Kristus yang kita buat setiap hari melalui karya pelayanan yang kita lakukan. Alangkah lebih indah apabila wajah-Nya kita lukis dalam pikiran, kata-kata, tindakan, dan perilaku kita setiap hari sehingga banyak orang lebih mudah memahami siapa Yesus itu melalui hidup dan karya kita.

    Santo Hieronimus, imam dan pujangga Gereja, yang kita peringati pestanya hari ini bisa menjadi teladan kita dalam melukis wajah Yesus sesuai bakat dan kemampuan yang kita miliki. St. Hieronimus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang Kitab Suci dan cakap dalam bahasa Latin, Yunani, dan Ibrani. Atas penugasan Paus Damasus (366-384), Hieronimus membuat terjemahan seluruh isi Alkitab dari bahasa Yunani dan Ibrani ke dalam bahasa Latin. Ia bekerja selama 30 tahun dan hasilnya disukai banyak orang. Apa yang dilakukan St. Hieronimus merupakan karya monumental dalam melukis wajah Yesus dalam bahasa yang populer dan menjangkau banyak orang. Terjemahannya itu disebut Vulgata, yang berarti populer.

    Kita mungkin tidak sehebat St. Hieronimus. Namun, kita bisa melukis wajah Yesusdengan bakat dan talenta yang kita miliki. Sekecil apa pun itu sudah cukup menjadi bukti cinta kita kepada Yesus.

    Tuhan Yesus, mampukanlah aku untuk dapat melukis wajah-Mu dengan baik dalam sikap, tutur kata, dan tindakanku yang baik setiap hari. Amin.

    Renungan Ziarah Batin 2017

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI