Dua imam ditahbiskan di Maumere untuk “didik perantau dan migran” di AS

0
2314

centenario

Uskup Maumere Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD menahbiskan diakon Yosef Albertman Sadipun CS dan diakon Gregorius Primus Ama Maia CS menjadi imam dan meminta kedua imam baru dari Kongregasi Scalabrinian itu untuk menjadi imam yang baik dan benar dan bisa mendidik para migran dan perantau di mana saja.

“Pergilah, jadi misionaris yang benar-benar bisa mendidik para perantau dan migran di mana saja. Pengalaman yang kamu dapat, kiranya menjadi bekal untuk menjalani tugas sebagai imam Scalabrinian,” kata Mgr Kherubim Pareira yang didampingi Provinsial Kongregasi Scalabrinian Pastor Delmar Silva CS dan para imam konselebran di Gereja Thomas Morus Maumere, 27 Januari 2017.

Lebih lanjut uskup itu melihat hal yang membahagiakan melalui tahbisan kedua imam itu yakni bahwa Gereja tidak lagi dikenal sebagai perantau atau migran tetapi sebagai pembina dan pendidik para migran.

“Ini adalah imam pertama dari Maumere yang bersama Scalabrinian. Kiranya kamu menjadi pembina migran yang benar dan menjadi contoh bagi kami bagaimana menjadi pembina perantau yang baik dan benar.”

Daerah Nusa Tenggara Timur terkenal sebagai wilayah yang mengirim migran dan perantau dan akhir-akhir ini banyak masalah yang ditimbulkan oleh para perantau dan oleh mereka yang mempekerjakan perantau. Menyadari hal itu, Mgr Pareira bersyukur karena “Biara ini hadir untuk membantu para migran. Hari ini kita kirim pembina para migran, dan kita pun dikenal bukan lagi sebagai perantau tetapi pembina para migran.”

Pastor Delmar Silva CS menyatakan kekaguman atas umat yang telah memberi contoh bagaimana hidup menggereja lewat sikap saling membagi dan menolong, dan meminta kedua imam baru itu untuk selalu mengingat hari ini saat mereka dalam kesulitan.

Provinsial juga membacakan penempatan dua imam yang baru ditahbiskan, Pastor Yosef Albertman Sadipun CS dan Pastor Gregorius Primus Ama Maia CS, di Washington DC dan Chicago, Amerika Serikat.(Yuven Fernandez)

 

 

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here