Senin, 08 Februari 2016

0
2327

Yesus-menyembuhkan-di-Genesaret

PEKAN BIASA V (H)

Santo Yohanes dari Matha; Santo Hieronimus Emilianus;
Santa Yosefina Bakhita

Bacaan I: 1Raj. 8:1-7.9-13

Mazmur: 132:6-7.8-10; R: 8a

Bacaan Injil: Mrk. 6:53-56

Pada suatu hari, Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ. Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus. Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada. Ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

Renungan

Raja Salomo mengangkut tabut perjanjian bersama rakyatnya dan memberi persembahan kepada Allah untuk menghormati-Nya. Salomo sangat menghormati dan merendahkan diri di hadapan Allah. Ia sangat baik dalam melaksanakan kewajiban agamanya. Tuhan berkenan atas tindakan seluruh kerajaan bersama rajanya.

Yesus pun menunjukkan kuasa yang menakjubkan banyak orang. Ia memimpin banyak orang kepada kepercayaan akan kedatangan Kerajaan Allah yang mendekati manusia melalui penyembuhan dan mukjizat lain. Orang semakin beriman ketika mempercayakan diri sepenuhnya kepada Allah.

Bacaan hari ini mengajak kita untuk percaya bahwa peran Allah dalam hidup kita teramat besar kalau kita percaya penuh kepada-Nya. Kepercayaan itu ditunjukkan lewat tata laksana peribadatan atau liturgi. Dengan demikian, ”menghadiri Misa Kudus” adalah suatu kebutuhan yang mendalam dalam hidup beriman kita.

Ya Allah, bantulah aku menghargai kehadiran-Mu dalam hidupku, khususnya dalam peribadatan, perayaan Ekaristi, dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari. Amin.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here