Minggu, Juli 21, 2024
33.5 C
Jakarta

Sabtu, 02 Mei 2015

Yoh 14_7-14. (170514)

PEKAN PASKAH IV (P)

Peringatan Wajib: Santo Atanasius Agung; Santo Boris; Santo Sigismund

Bacaan I: Kis. 13:44-52

Mazmur: 98:1.2-3b.3c-4; R:3cd

Bacaan Injil: Yoh. 14:7-14

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Renungan

Tidak sedikit umat beriman ingin melihat Bapa, seperti kerinduan Rasul Filipus. Kerinduan itu terpenuhi dengan mengenal Yesus (bdk. Yoh. 14:9), juga dengan mendalami ajaran-Nya dan mengetahui pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dengan mengatakan itu, Yesus mengajak kita untuk selalu membaca dan merenungkan Kitab Suci. Di dalamnya, kita mengenal Allah dan seluruh karya penyelamatan-Nya yang terpenuhi dalam ‘peristiwa Yesus Kristus’; kita pun bisa mengetahui kehendak-Nya bagi kita melalui Sabda-Nya yang selalu relevan bagi situasi dan kondisi kehidupan masa kini.

Dari Sabda-Nya, kita tahu bahwa Allah selalu mengabulkan setiap doa permohonan dan keinginan kita. Dalam Sabda-Nya, Yesus berkata: Jika ada dua orang di dunia ini sepakat meminta apa pun, akan dikabulkan oleh Bapa (bdk. Mat. 18:19), bahkan setiap permintaan yang disampaikan dalam doa yang penuh kepercayaan pasti dikabulkan Allah (bdk. Mat. 21:22;7:7).

Kita sudah mengenal Yesus Kristus, dan dengan demikian mengenal Bapa. Kita dipanggil untuk melakukan Sabda-Nya sehingga Allah pun selalu menyatakan kebaikan dan cinta-Nya kepada kita.

Tuhan Yesus Kristus, bukalah mata, hati, dan kehendakku untuk merenungkan Sabda-Mu dengan penuh cinta, dan melaksanakannya dengan penuh ketekunan. Amin.

 

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini