Selasa, Oktober 22, 2024
32.1 C
Jakarta

Patriark Yerusalem: Solusi dua negara untuk Mengakhiri perang Israel-Hamas kini “Tidak Realistis”

YERUSALEM, Pena Katolik – Patriark Latin Yerusalem, Kardinal Pierbattista Pizzaballa OFM, telah mengindikasikan bahwa untuk saat ini solusi dua negara untuk mengakhiri perang antara Israel dan Hamas di Tanah Suci “tidak realistis.”

“Kesan saya adalah tidak seorang pun menginginkan konflik yang lebih luas, tetapi tidak seorang pun mampu menghentikannya,” kata Kardinal Pizzaballa kepada Colm Flynn dari EWTN dalam sebuah wawancara eksklusif.

“Sekarang dibutuhkan sesuatu yang baru, kreatif, saya tidak tahu apa, tetapi semua perjanjian, ide, solusi dua negara yang prospektif sebelumnya, semuanya tidak realistis sekarang,” jelasnya.

Kardinal Pizzaballa mengatakan, perang antara Israel dan Hamas yang telah berlangsung sejak 7 Oktober 2023, adalah periode terburuk yang dialami orang-orang di Tanah Suci dalam 35 tahun terakhir.

“Tidak hanya karena kekerasannya … tetapi juga proporsinya, dampaknya, juga dampak emosionalnya terhadap penduduk, warga Israel dan Palestina, dan sekarang di Lebanon, yang sangat besar,” imbuhnya.

Setelah serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023, Israel menanggapinya dengan operasi militer besar-besaran di Gaza, yang juga melibatkan Iran dan Lebanon.

Selama setahun terakhir, Paus Fransiskus sering menyerukan gencatan senjata dan diakhirinya perang di Tanah Suci. Seruan ini ia gaungkan dalam setiap kesempatan Doa Angelus pada setiap hari Minggu. Pada 17 Oktober 2024, ia menerima mantan perdana menteri dari Israel dan tiga mantan menteri utama Palestina di Vatikan.

Kardinal Pizzaballa mengungkapkan kekhawatirannya tentang “bahasa kebencian” yang ditemukan di mana-mana.

“Perang tidak abadi; perang akan berakhir, seperti semua perang, tetapi apa yang akan terjadi setelahnya, konsekuensinya akan mengerikan.”

Gereja adalah suara kaum miskin

Namun, Pizzaballa melanjutkan, mengingat situasi saat ini tidak realistis untuk berbicara tentang perdamaian. Sekarang, yang pertama-tama harus dibicarakan adalah gencatan senjata, untuk menghentikan segala bentuk kekerasan, untuk menemukan juga kepemimpinan baru dengan visi, visi politik, juga para pemimpin agama.Setelah langkah ini, lanjut kardinal itu, dapat memikirkan perspektif baru untuk Timur Tengah, bukan sebelumnya.

Mengenai kelaparan sebagai senjata perang, Kardinal Pizzaballa menyesalkan apa yang terjadi di Gaza. Ia menyoroti bahwa bantuan yang dikirim oleh organisasi internasional tidak cukup untuk merawat 2 juta orang.

“Dukungan dari komunitas Kristen sebanyak yang mereka bisa.”

Setelah menekankan bahwa kekerasan bukanlah solusi, Patriark Yerusalem itu menegaskan, bahwa orang Palestina dan Israel dipanggil oleh Tuhan untuk hidup berdampingan, bukan saling bertentangan. Mereka harus menemukan kembali panggilan mereka.

Kardinal Pizzaballa lebih lanjut menggarisbawahi bahwa“jawaban atas kekerasan dan kejahatan adalah salib.

“Bukanlah mustahil untuk melihat Tuhan di tengah semua ini karena Injil bukanlah sebuah ide atau narasi, itu adalah kehidupan dan menunjuk pada kebutuhan setiap orang untuk lebih percaya pada kekuatan kasih karunia Tuhan.” (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini