Minggu, September 8, 2024
27.2 C
Jakarta
spot_img

St. Maria dari Portico dan Kisah Keberadaannya

ROMO, Pena Katolik – Devosi kepada Santa Maria dari Portico dimulai dengan penampakan Bunda Allah yang ajaib pada tanggal 17 Juli 524 di rumah Santa Galla. kepada seorang wanita bangsawan Romawi. Peristiwa ini disaksikan oleh Paus Santo Yohanes I, yang mengubah Portico menjadi Tempat Suci Maria dan rumah sakit amal.

Ikona Santa Maria dari Portico disimpan di terletak di atas bekas situs Kuil Jupiter Stator, yang saat ini menjadi Gereja St. Maria di Piazza Campitelli, Rione Sant’Angelo, Roma, Italia. Menurut legenda, ikon tersebut muncul secara ajaib pada tahun 524 di meja Galla. Ikon tersebut dibawa dalam prosesi sejak tahun 590.

Sekitar tahun 1656, kota Roma dilanda wabah penyakit, dan doa kepada ikon yang dibawa dalam prosesi di jalan-jalan ini dirasa berperan dalam menghentikan epidemi tersebut. Intervensi ajaib ini mendorong Paus Alexander VII untuk mendirikan sebuah gereja yang lebih megah, alih-alih ruang pidato kuno, untuk menampung ikon tersebut. Ia menugaskan desainer Barok, Carlo Rainaldi. Konstruksi berlangsung antara tahun 1659 dan 1667.

Sejak tahun 1601, penjagaan Ikon St. Maria dari Portico dipercayakan kepada Ordo Klerus Bunda Allah (Ordo Clericorum Regularium Matris Dei/OMD). Ordo ini didirikan, St. Yohanes Leonardi pada 1 September 1574 (449 tahun lalu).

Tanggal 17 Juli 2024 ini menandai peringatan 1500 tahun penghormatan kepada Santa Maria dari Portico. Ikon ini dikenal sebagai Romanae Portus Securitatis, atau ‘pelindung Kota Abadi’.

Keajaiban Ikon

Santa Maria Dari Portico diyakini oleh banyak orang secara ajaib menghentikan epidemi wabah yang mengerikan pada tahun 1656. Atas berkat ini, Paus Alexander VII membangun sebuah gereja di lokasi gereja sebelumnya yang didedikasikan untuk St. Maria dari Portico. Gereja ini merupakan bangunan barok ex voto yang megah.

Proyek ini dipercayakan kepada Carlo Rainaldi, murid Bernini: Paus meletakkan batu pertama pada tanggal 29 September 1660. Pada tanggal 14 Januari 1662, ikon St. Maria dari Portico dipindahkan ke candi baru yang masih dalam gereja yang baru. (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini